Ternyata di Kalbar Ada Gunung Berapi

02.40
                    Batu Vulkanik Gunung Niut

TJ-Mungkin kita percaya di Kalbar tidak terdapat gunung berapi(Vulkanik)  pernyataan itu tidak benar Teryata.

Beberapa temuan yang saya lakukan di sekitar kaki Gunung Niut. Saya menemukan sisa bebatuan lahar di sungai ubud, dan di daratan sekitar kampung Desa Sahan Dusun Rambai Bengkayang.
Batu vulkanik 


Bebatuannya tidak terlalu hutan, abu-abu keputihan, batu-batunya juga sangat lembut. Bahkan bisa di potong seperti kue menggunakan parang.

Gunung Merapi itu adalah Gunung Niut atau Cagar Alam Gunung Niut. Salah satu gunung tertinggi di Kalimantan dengan tinggi 1767 Mdpl.
Batu Vulkanik


Dari beberapa jurnal dan situs Gung Niut merupakan gunung Merapi purba,  Gunung Niut merupakan gunung vulkanik purba tak aktif di Indonesia. Di wilayah ini tersusun atas Formasi Gunung Api Niut dengan batuan Basalt, Plistosen–plistosen, Kapur dan Intrusif serta Plutonik Basa. Selain itu disebalah barat terdapat susunan Batupasir Kayan dan Formasi Pedawan dengan batuan Serpih, batu pasir, batulumpur karbonan, sedikit sisipan batugamping di kaki gunung sebelah timur.

Gugusan Pegunungan Niut


Gunung yang berada di tiga Kabupaten Bengkayang, Sanggau, Landak, Tanahnya sangat subur. Termasuk tanah tersubur di Pulau Kalimantan, menurut informasi beberapa pendaki di puncak terdapat kawah purba yang di Keramatkan warga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »