Bahagianya Anak-Anak Bufferzone TNBBR

20.06

        Anak-anak Buffer Zone TNBBR

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya merupakan Taman Nasional tertinggi di Kalimantan Barat. Akses menuju Taman Nasional begitu sulit. Belum ada jalan beraspal.

Termasuk ke wilayah Bufferzone Taman Nasional Yang saya kunjungi yaitu desa Nusa Piring dan beberapa dusun yang saya kunjungi.


Desa ini belum memiliki fasilitas listrik dan telekomunikasi. Sebagian masyarakat mengadakan listrik secara mandiri. Untuk mendapatkan sinyal masyarakat harus baik ke bukit-bukit hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga.

Kehidupan anak-anak sangat menyenangkan di Desa ini terdapat fasilitas sekolah Dasar, dan SMP dan Fasilitas Kesehatan yang di isi oleh tenaga kesehatan dari Yayasan Asri.


Anak-anak selain kesokolah, mereka biasanya hari-harinya mengikuti orang tua ke Ladang, bermain dan panen buah.

Permainan tradisional menjadi salah satu andalan anak-anak, mereka berenang di sungai Mawang Tatai sambil berburu ikan dengan menggunakan senjata ikan.

Mereka mandi di sungai sambil berenang di derasnya Sungai Mawang Tatai, untuk membersihkan badannya mereka menggunakan daun-daun hutan yang bisa mengeluarkan busa layaknya sabun.

Air sungai yang sangat jernih menjadi sahabat anak-anak Bufferzone Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya khusus di Desa Nusa Piring.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »