Air Terjun Abud Surga Tersembunyi di Tanah Borneo

15.00
Air terjun Abud

Desa Sahan, Bengkayang Kalimantan Barat di Kenal Desa Air terjun, di kawasan desa ini terdapat puluhan air terjun. Bahkan air terjun tertinggi di Kalbar terdapat di kawasan Desa Ini.

Kali ini saya datang ke air terjun Ubud, sungai Budug, untuk menuju wilayah tersebut saya mengunakan sepeda motor dari Dusun Melayang, menuju Dusun Nibung. Melalui kawasan pertanian masyarakat kita bisa melihat kebun jagung, ubi tela, ladang padi dan kebung sayang.
Sungai Budunga

Tidak sampai tiga puluh menit motor saya sampai sekitar air terjun, suar air terjun sudah bisa saya dengar, termasuk suara burung, dan binatang hutan.

Menuju air terjun motor di simpan di tempat parkir ala kadarnya yang sudah disiapkan warga, kami harus menuruni jurang cukup terjal 15 menit sudah bisa ditempuh. Jalan Melawati jurang sudah disiapkan penduduk jadi tidak terlalu sulit kita turun ke air terjun.

Sampai ke sekitar air terjun saya melihat pemandangan menakjubkan, air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter lebar 50 meter, keindahan luar biasa. Di tengah hutan terdapat air terjun yang sangat indah.

Main perahu bambu

Kiri kanan terdapa pohon-pohon Tengkawang menjulang tinggi, kebetulan pada saat itu lagi musim tengkawang buah buah Tengkawang terdapat di sungai bergelimpangan.

Setelah menikmati ke indahan alam Air terjun Ubud, saya langsu terjun ke air terjun Ubud, dinginya air sungai Ubud sangat dirasakan, airnya sangat bersih, batuan dalam sungai bisa dilihat dan ikan-ikan sungai berkeliaran bebas.

Setelah puas mandi, berenang di air terjun, saya menikmati perahu dari bambu di sungai Budug, airnya begitu tenang, sehingga tidak terlalu berbahaya, tapi jangan sampai mendekat air terjun Ubud biasa-bisa kita terjatuh, sungai Budug adalah air yang mengalir ke kawasan air terjun Budug.

Sensasi tersendiri, menggunakan perahu bambu, dengan pengayuh sebatang batang kuraliling sungai Budug, yang penting keseimbangan agar tidak jaduh ke sungai ditengah hutan rimba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »