Kapal Bandung, Peradaban Tranpostasi Sungai Hampir Punah

06.20
'
Kapal Bandung

TJ-Kalau bicara Sungai Kapuas kita tida bisa lepas dengan Kapal Bandung. Kapal yang terbuat dari kayu, hampir 95% bahan bangunanya terbuat dari kayu dari mulai badan kapal, dinding, lanting hingga atap terbuat dari kayu.

Kapal bandung merupakan model transportasi andalan masyarakat sungai Kapuas.Sebelum jalan tranportasi darat baik di Kal-Bar kapal Bandung menjadi andalan masyarakat tepian sungai Kapuas.



Biasanya kapal ini berminggu-minggu berjalan disepanjang sungai Kapuas dari Kapuas Hulu hingga ke Kota Pontianak, atau dari Kota Pontianak ke Kapuas Hulu, setiap kampung yang dilewati kapal ini kapal Bandung selalu berhenti untuk mengambil atau menurunkan penumpang.

Para penumpang yang pernah menggunakan transportasi Kapal Bandung, akan menemui sensasi luar biasa, melihat rimbunan riba kiri kanan Kapuas, ini dulu. Cuman saat ini rimbuan hutan sudah berubah menjadi perkebunan Kelapa Sawit.

Disepanjang perjalan Sungai Kapuas para penumpang juga bisaa sambil memancing ikan, untuk kebutuhan sehari-sehari di Kapal. Karena biasanya bisa satu minggu diatas kapal kalau dari Kapuas Hulu ke Kota Pontianak.
                                                 Sungai Kapuas..

Nah...kami tidak tahu dari kapan nama Kapal Bandung mulai ada, dari sejak lahir saya sudah menggenal nama perahu sungai ini Kapal Bandung.

Saat ini keberadaan Kapal Bandung sudah sangat sedikit seiring sudah mulai banyak transportasi darat dan laut seperti pesawat, mobil ataupun kendaraan roda dua. Kapal Bandung hanya digunakan sebagai alat pengakutan barang dan sebako dari pehuluan saja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »