Tidak Selamanya Hujan Penyebab Banjir

15.37
                     Siklus air dimuka bumi

Banjir tidak hanya di sebabkan oleh hujan, tapi disebabkan juga naiknya air dalam tanah, dan naiknya air Laut kata Almahrum Prof Dr. Ir. Herujono Msc,Guru Besar Ilmu Konservasi Tanah dan Air.

Pompa Air sebanyak apapun tidak akan berguna ketika banjir disebabkan oleh naiknya air dalam tanah, atau naiknya air laut atau bahasa Melayunya Ponti ae Kondah, pembuang air ketempat yang salah akan menyebabkan banjir lebih para.

Waktu Banjir JKT, beberapa wilayah dengan bangganya memamerkan alat-alat pompa raksasanya...karena Pompa tersebut wilayah mereka  aman dari Banjer..dengan  memamerkan dan mempromosikan programnya.

Tapi dengan modal pengetahuan yang pernah saya dapat di kampus dari mulai mempelajari iklim, tanah, air dan pohon..sayaembuat catatab...sistem itu sangat beresiko...jika banjir disebabkan naiknya air permukaan tanah dan naiknya air laut... apa lagi dibarengi dengan curah hujan yang tinggi Chaoslah infrastruktur-infrastruktur dan tidak akan punya dampak apa2 dalam mengatasi naik jumlah air ke Permukaan Tanah alias Banjer...

Mengapa....? Karena banjir tidak selamanya disebabkan oleh Hujan, Kate Prof kame dulu ngajar Elmu Konservasi tanah dan Air. banjir bisa disebabkan oleh naiknya air laut, dan naiknya air dalam tanah...jadi kalau banjir disebakan ini Pompa.

https://www.google.com/amp/s/jateng.tribunnews.com/amp/2019/04/10/genuk-dan-gayamsari-kaligawe-terendam-banjir-lalulintas-macet

Faktanya beberapa hari ini kita di kejutkan beberapa wilayah yang pernah memamerkan peralatan pompanya yang katanya berhasil menanggulangi banjir ternyata kebanjiran..dan sedang kebanjiran.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200115183910-20-465681/surabaya-banjir-sejumlah-jalan-protokol-tergenang

Beberapa hari lalu juga warga Kote Pontianak dikejutkan dibeberapa wilayah mengalami kebanjiran padahal pada saat itu tidak mendung tidak hujan...tapi beberapa wilayah mengalami kebanjiran...

Bukan menurut saya, tapi menurut guru-guru saya yang bisa menjaga keseimbangan  ae ini adalah ekosistem yang baik, baik di darat atau dilaut. Jika ekositem di darat dan dilaut rusak tidak diperbaiki, dibiarkan dirusak...., jangan harap banjir bisa diatasi sebaik apapun infrastrukturnya...mau normalisasi, naturalisasi...

Karena ekosistem tersebut yang mampu menjaga keseimbangan air melalui proses evaporasi, infiltarasi, dan condensasi air...begitu teorinya Kate guru-guru kame dulo di kampus.

Ekosistem itu yang mampu merubah air dipermukaan bumi menjadi uap yang di kenal evaporasi, dan siklusnya akan di kembalikan kebumi yang dihantarkan kedalam tanah oleh tumbuhan dipermukaan tanah disimpan dan dilepas oleh tumbuhan tersebut suatu saat.

Maka kalau tumbuhan tidak ada air-air akan menyelonong ke permukiman yang lebih rendah. Karena tidak ada cover crop yang menahanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »