Klamabo Tembakau Khas Kalbar, Hampir Punah

04.02
                       Tumbuhan Klamabo

Klamabo tembakau Dataran Tinggi Pengunungan Niut Kalimantan Barat..sebelum Komprontasi dengan Malaysia dan Menjadi Daerah Operasi Meliter untuk menumpas Griliya Perlawanan Gerakan Rakyat Kalimantan Utara terhadap pemerintah RI dan Malaysia.

Klamabo adalah salah satu Komuditi andalan mereka masyarakat dataran tinggi Gunung Niut adalah Klamabo atau tembakau Dayu(Tembakau Dayak) yang di jual ke Negara Kerajaan Malaysia dan Negeri Brunai.
Daun Klamabo


Adanya peristiwa Konfrontasi Malaysia dan Daerah ini masuk daerah Operasi Meliter hingga awal 80 am terhadap Perlawanan Gerakan Rakyat Kalimantan Utara Komuditi ini berangsur dilupakan Masyarakat.

Karena sebagian masyarakat perbatasan dilibatkan dalam Konfrontasi Malaysia dan DOM PRAKU, mereka takut berdagang ke Malaysia karena di sangka Mata-mata baik oleh Pihak Malaysia maupun RI.

Saat ini, Hanya orang tua yang masih menanam beberapa pohon Klamabo dibuat roko ala cerutu dengan menggunakan daun Simpur dan Daun Perak.

Sebagai ajang sosialisasi saya  bersama masyarakat ditemani Ae puteh alias ae "surge"  saya cobe belajar buat cerutu dari kalimabo dengan daun simpur..dan mencoba menghisapnya.

"Enak juga, seperti cerutu Kuba rasanya,", Kate saye kepada beberapa warga yang ikut nimbrung hingga pukul 02.00 Wib waktu Bau Malaysia 01.00 waktu Indonesia Barat.

Kata pak Nadu, hanya tinggal beberapa orang saja yang nanam klamabo, itupun orang tue-tue.

Cerutu Klamabo potensi tanah Borneo hampir punah pasca operasi Meliter wilayah perbatasan...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »