Surga di Tengah Samudra

20.47
                     Pantai di Kepulauan Tembelan

TJ- Saya menuju kesebuah pulau di Laut Natuna, nama pulaunya adalah kepulauan Tembelan. Terletak jauh di tengah laut Natuna(Laut Cina Selatan) Nama pulau yaitu pulau Tambelan. Sebenarnya  nama pulau ini pameliar bagi saya karena di Kota Pontianak ada kampung yang bernama Kampung Tampelan.

Pulau Tambelan masuk dalam admistrasi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Paling dekat ditempuh dari pelabuhan Kota Singkawang. Menggunakan kapal ikan namanya kapal tong-tong. Bisa juga ditempuh dengan alat angkut lebih besar seperti sabuk Nusatara dari pelabuhan Sentete atau pelabuah Dwikora Kota Pontianak.

                              Kapal-kapal Nelayan

Pada waktu itu, saya memberanikan diri menggunakan Kapal Ikan(Kapal tontong) menuju Kampung Tembelan. Kapal yang terbuat dari kayu, biasanya digunakan untuk menangkap ikan dan mengangkut barang.

Saya berbagi tempat dengan para pekerja kapal dan barang-barang untuk kebutuhan poko masyarakat Tembelan. Pukul sembilan pagi saya sudah siap-siap menaiki kapal Tontong menuju  kepualau Tambelan.

                 Kapal Nelayan Tambelan

Motor air tongtong mulai mengarungi laut natuna. Meninggal kota Singkawang, laut pada saat itu kebetulan gelombang tidak terlalu besar. Sehingga  goyangan kapal tidak terlalu pada pengaruh pada kesehat kami, tidak ada yang mabuk satu orang pun. Kami menikmati  sepoi-sepoi agin laut, ikan terbang dan burung laut berterbangan.

Menjelang pukul lima salah satu gunung di kepulauan tambelan sudah mulai kelihatan. Namanya gunung bini, dibalik gunung matahari mulai tengkelam. Menambah keindahan alam kepulauan Tembelan. Pukul 19.00 Wib sampai dipelabuhan Tembelan.

....................................................

Pagi hari saya menikmati salah satu pantai di perkampungan Tembelan. Pekerjaan masyarakatnya umunya menjadi Nelayan, menggunakan bahasa melayu, meirip dengan bahasa melayu masyarakat Pontianak. Berjejer ratusan perahu Nelayan, dari ukuran sampan sampai ukuran  kapal besar. Ada nelayan yang sedang mengangkat hasil tangkapanya.

           Perkampungan Nelayan Tambelan

Air laut diperkampungan Tembelan kelihatan sangat bersih, karena laut sekitar tembelan karangnya masih terjaga dengan baik. Ikan-ikanpun masih kelihatan dari rumah-rumah warga.

Naik ke Gunung bini keindahan pantai di Kepulauan Tambelan banyak pantai kelihtanan seperti pantai Penepat, Pantai Tanjung Bebebek, Tanjung Ayam dan masih banyak pantai lain. Pemandanganya seperti surga yang tersembunyi ditegah samudra.

Pembenahan pembangunanpun sedang dilakukan, salah satunya adalah pembangunan bandara kecil yang diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2020, sehinggan akan memudahkan menjangkau kepulauan Tambelan dari Kota Pontianak bisa ditempuh sekitar lima belas menit saja. Man


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »