Sensansi Bakar Ikan Di Tepian Sungai Kapuas

22.51

Bakar Ikan
TJ-Kemarau adalah musim yang di tunggu masyarakat Tepian Sungai Kapuas. Karena pada musim kemarau ikin sungai Kapuas timbul kepermukaan. Para nelayan tinggal pasang pukat atau menjalanya saja untuk menangkap berbagai jenis ikan.

Nah, di kala musim kemarau saya selalu menyempatkan diri santai-santai di tepian Kapuas sambil melihat -lihat aktivitas nelayan menangkap ikan.


Saya sambil mengumpulkan kayu-kayu dan ranting untuk dijadikan bahan pembakaran ikan. Beberapa kayu ditepian Kapuas saya kumpulkan.

Ikan yang dari Nelayan sudah kami beli sudah dibersihkan isinya. Tinggal dikasi rempah saja. Tidak jauh dari jembatan terpanjang kedua di Indonesia jempatsn Kapuas Tayan,tempat  pembakaran ikan sudah saya siapkan.


Setelah api dinyalakan ikan-ikan Kapuas yang sudah kami bersihkan sudah kami simpan ditempat penangangan. Langsung saja menyambar ikan tersebut. Yang tadinya redup-redup api membesar. Ternyata ikan juara mengahsilkak minyak yang cukup banyak. Minyak-minyak menetes dari tubuh ikan tersebut dan api terus membesar.

Saya mengecilkan api tersebut, sambil mengambil kayu-kayu dalam tunggu agar api mengecil. Tidak satu jam ikan tersebut sudah saya anggap masak dan langsung saya angkat. Sebagian langsung kami makan ditempat sungguh mayus rasanya ikan khas sungai Kapuas ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »