Keunikan Ritual Adat Badayu Kerambai

02.29
     
 Rumah adat Balok Bedayu Kerambai,Jack

TJ-Sub suku Dayak di Pulau Kalimantan memiliki kekhasan sendiri, baik dari segi budaya, seni, pengobatan dan kuliner.

Salah satu Sub Suku Dayak yang mungkin namanya tidak setenar dengan suku lain seperti Dayak Iban, Ahe, Kantu, Kayan. Suku Dayak Bedayu Kerbe masih satu kerabat dengan suku Dayak Bedayu yang terdapat di Serawak Malaysia.

Suku Dayak Bedayu Kerambai memiliki rumah adat di atas batang kayu. Yang diberi nama balok. Rumah adat cukup tinggi sekitar 10 meter berdiri kokoh diatas tiang-tiang kayu.

Rumah adat ini menurut Roni salah satu tokoh adat Kerambei, berfungsi sebagai tempat penyimpanan tengkorakn dan musyawarah adat. Rumah adat balok ini dibuka pada saat ritual adat.

Dayak Bedayu Kerabai


Rumah adat balok Suku Badayu Kerambai terdapat di Dusun Nibung, Kampung Rambai, Desa Sahan Kecamatan Seluas. Dapat ditempuh sekitar empat jam dari Kabupaten Bengkayang. Tepatnya berada disekitar kaki Gunung Cagar Alam Gunung Niut.

Pada saat ritual adat ruang rumah adat balok hanya bisa dimasuki tetua adat saja. Mereka mengambil tengkorak-tengkorak untuk disucikan. Menjelang ritual adat kidung-kidung mantra dibacakan setiap malam. Di Suku Dayak Bedayu Kerambe juga dikenal ritual Nyepi. Bahkan Nyepinya bisa dilakukan sampai tiga hari dalam hutan.
        Dayak Bidayuh Kerambai, Roni

Pakaian adat perempuanya mirip dengan pakaian adat masyarakat pedalaman Vietnam. Mereka menggunakan sarung warna warni biru, merah, putih dan kuning. Sedangkan yang peria menggunakan ikat kepala disisipi satu helai bulu burung enggang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »