Kemarau Datang, Musim Ikan Tiba

00.39
                                 Nelayan Pulau Tayan Memasang Pukat di Sungai Kapuas, Man

TJ- Disisin lain musim kemarau merupakan momok bagi sebagian masyarakat. Karena beberapa bencana akan menghantui mereka. Seperti bencana kabut asap, dan bencana kekurangan air bersih. Tetapi sangat berbeda yang dirasakan oleh masyarakat tepian Sungai Kapuas.

Musim kemarau, adalah musim yang mereka tunggu-tunggu karena pada musim kemarau ini masyarakat tepian sungai Kapuas mulai merasakan musim panen ikan. Pada musim kemarau berbagai jenis ikan Sungai Kapuas akan bermunculan kepermukaan Sunggai. Sehingga memudahkan masyarakat untuk menangkapya.

Dengan bermodalkan seutas pukat saja masyarakat tepian kapuas akan mendapat puluhan kilo ikan. Seperti yang dirasakan Imat. Salah satu masyarakat Pulau Tayan, Kalimantan Barata pada musim kemarau dia bersama teman-teman sudah mulai menyiapkan alat tangkap seperti pukat dan pancing.

Biasanya imat malam hari bersama tema-temanya memasang pukat di Sungai Kapuas untuk mengkap berbagai jenis ikan seperti ikan benga, ikan ringau, ikan kuro, baong,  juara, kalui, belida dan bermacam-macam jenis ikan lainya.
Jenis-jenis ikan Sungai Kapuas


Pada malam itu imat memasang pukan, medapatkan puluhan kilo ikan. Ikan-ikan tersebut dijual dipasar Tayan dengan kisaran harga sekitar Rp.80.000,-/Kg sampai Rp.100.000,-/kg. Mencari ikan disungai kapuas merupakan pekerjaan sambilan imat bersama teman-temanya, ketika pada saat musim ikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »