Hutan Penyedia Parfum Terbaik Di Dunia

01.22

                          Minyak Gaharu

TJ-Hutan bukan sekedar ekosistem pohon- pohon atau habitat berbagai jenis hewan baik yang melata maupun tidak melata. Seperti burung, ular, rusa, kadal, katak, harimau dan berbagai jenis lainya.

Tetapi hutan sesungguhnya hutan menyediakan berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan aroma yang terbaik di dunia, seperti minyak gaharu, dan Cendana.

Harga dua tanaman ini sangat mahal, bahkan mahalnya melebihi emas dan permata lainya. Artis-artis, tokoh dunia pasti selalu menggunakan parfum dari bahan dasar kedua tumbuhan tersebut.



Sebenarnya proses penanaman kedua pohon ini tidak terlalu sulit. Pohon ini mudah sekali tumbuh jika perawatan dilakukan dengan baik bisa panen sekitar 6 tahun- 8 tahun.

Memang jika gaharu dan Cendana yang ditanam masyarakat untuk menghasilkan aroma resin yang khas perlu dilakukan perlakuan khusus seperti penyuntikan bakteri maupun yang dilakukan secara tradisional dengan menusuk besi kedalam tubuh batang tersebut agar menghasilkan resin.

Untuk menghasilkan minyak yang bisa digunakan perlu dilakukan exstrak, banyak cara untuk mengexstrak kayu gaharu atau Cendana salah satunya adalt dengan destilasi. Dengan waktu tertentu akan mengeluarkan minyaknya dari tepung-tepung kayu dalam tabung.

Harga minyak gaharu murni bervari tergantung kelasnya kisaran Rp 150.000,- sampai Rp.5.000.000, ml. Ada juga yang menjual dalam bentuk kayu terutama gaharu yang kelas A.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »