Hutan Borneo Dihantui Kepunahan

03.45

                     Hutan Borneo, Jack

TJ-Borneo dikenal dengan paru-paru Dunia. Karena perananya  sanganpenting dalam menjaga iklim planet Bumi. Dan katanya hutan Borneo hutan terluas kedua setelah Amazon.

Namun, akhir-akhir ini hutan Borneo keberadaany mulai terancam. Berbagai faktor yang menyebabkan hutan Borneo terancam seperti penebang pohon, perkebunan, pertambangan, kebakaran lahan,d berbagai kegiatan illegal yang mengancam keadaan hutan Borneo.
.
Perusakan Hutan Borneo

Dampak dari kerusakan hutan Borneo bukan hanya dirasakan oleh masyarakat lokal. Tetapi dirasakan oleh masyarakat seluruh Dunia, seperti perubahan iklim. Masyarakat lokal menerima dampak langsung seperti bencana banjir, dan krisis air bersih dan penyebaran penyakit.

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah dari mulai moratorium izin dihutan primer, morerorium gambut, penanaman ulang dan menperkuat kepemilikan masyarakat pada kawasan hutan yang dapat di kelola dan di jaga secara komunal.

Namun, usaha itu belum berdampak signifikan pada penyelamatan hutan Borneo. Padahal tanaman hutan merupakan sumberdaya alam yang dapat di perbaharui...ini pastinya ada problem mendasar yang belum terselesaikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »