Hotspot Bukan Berarti Kebakaran Lahan

07.15

                   Hot spot di Pulau Kalimantan

Musim kemarau di Kaliman Barat memberi ancam sendiri. Seperti kebakaran lahan, kabut asap, air asin, DBD.

Akhir-akhir ini lagi  heboh tersebar informasi di Media Sosial dan Media Cetak hampir jengkalan tanah Kalbar ada titik panas(Hot Spot), Hot Spot bukan berati titik api(Fire Spot)  atau ada api pembakaran. Tapi itu citra satelit, dimana dengan suhu tertentu terdeksi dalam satelit.

Jadi titik warna kuning itu bukan berarti telah terjadi kebakaran atau pembakaran lahan. Tapi itu hanya titik panas.

Pernah kolega turun lapangan berbasiskan data tersebut, ternyate itu titik atap seng yang digunakan warga untuk jemor ikan asin.

Mungkin di Pontianak dan Sekitarnya saat ini di selimuti asap, Tapi tempat kami biasa nongrong terang menderang, bisa ngopi2  menikmati kopi di bawah pohon tepi kapuas sambil melihat Nelayan nangkap ikan.

Tidak kelihat kabut asap, cuman panasnya mendekati 40 derajat. Butter tengkawang kame ja mencair kaya minyak ini menandakan suhu bumi Kalbar sedang panas-panasnya, jadi Hot Spot Tidak menandakan semua jengkal tanah terbakar, tapi emang suhunya emang diatas rate-rate.

Bise ga peta hotspot sebagai peringatan dini..Atisipasi persiapan menghadapi jika Ade terbakar lahan atau pembakaran lahan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »