Pemadam Api Beterbangan Di Langit Pontianak

20.28
                                                Helikopter pembawa air, Wan

TJ-suara Helikopter diatas udara Kota Pontianak membuat keterkejutan masyarakat Kota. Sangat jarang ada pesawat pulang pergi di langit Kota Pontianak Selama satu harian(6/8). Heli itu membawa tabung-tabung air.

Ternyata heli-heli tersebut lagi berjibaku memadamkan kebakaran lahan di sekitar Kota Pontianak dan Kubu Raya. Heli-heli tersebut mengambil air di Sungai Kapuas dengan mengunakan tabung-tabung yang sudah digantungkan. Setelah terisi air mereka langsung pergi memadamkan api di lahan-lahan yang sedang mengalami kebakaran.


Memang, setiap musim kemarau beberapa wilayah di Kalimantan Barat selalu dihantui kebakaran lahan baik disebabkan oleh manusia maupun oleh alam. Masyarakat membakar lahan untuk membuka ladang bertani.

Secara alami lahan-lahan gambut yang sedang terbakar memang banyak mengandung serasah dan damar. Bahan-bahan tersebut mudah terbakar jika terkena suhu panas.

Pesawat-pesawat pemadam itu sangan membantu, memadamkan api kebakaran lahan. Sehingga kabut asap yang menyelimuti kota Pontianak tidak terlalu besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »