Gombloh: Penyanyi Keritik Sosial Pertama Indonesia

11.48

Gomloh, Ilustrasi, Twitter

TJ-Gombloh adalah salah satu musisi ternama tahun 80-an. Sebelum Iwan Fals tenar dengan lagu-lagu keritik sosial Gomblokhnya yang pertama-tama yang menyanyikan lagu-lagu bertemakan gerakan sosial di Indonesia.

Musiknya yang sangat sederha lagu-lagu gobloh sangat mudah dimergeti dan di ingat baik lagu yang bertemakan, sosial, nasionalisme maupun yang bertemakan cinta. Saat lagu-lagu gombloh tenar radio-radio sebagai satu-satu alat hiburan tahun 80-an selalu diputar oleh stasiun radio. Generasi tahun 80-an pasti hapal dengan beberapa lagu yang dinyanyakan gombloh

Banyak lagu bertemakan sosial yang diciptakan oleh Gomboloh seperti, Kebyar-Kebyar, Gombloh Berita Cuaca, Kami Anak Negeri Ini, Kadar Bangsaku, Pesan Buat Negeriku, Terimakasih Indonesiaku, Dewa Ruci, Indonesia Kami, Gugur-Gugur Bunga, Gaung Mojokerto-Surabaya., dan beberapa lagu yang di nyayikan gomboloh seperti Lestari Alamku.

Gombloh yang dilahirkan di Jombang Jawa Timur pada 14 Juli 1948 dengan nama asli Soedjarwoto Soemarsono. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Gombloh pernah kuliah di Kampus Tehnik di Surabaya yaitu Institut Teknologi Surabaya (ITS) tidak semua orang bisa masuk salah satu kampus beken di Indonesia Ini.

                                        Patung Gomloh, Ilutrasi (Istimewa)

Cuman, Gomloh mengetahui potensinya di bidang seni, dia tidak menyelesaikan perkuliahan di ITS dia lebih suka mengamen hingga ke Bali. Hingga terkenal menjadi salah satu musisi ternama di negeri ini. Dan menjadi isnpirasi musisi muda saat itu.

Hingga kini beberapa lagunya masih dinyanyikan  seperti Gebyar-gebyar, Lestari Alamku, Di Radio. Musisi melenialpun masih ada yang menyanyikan lagu-lagu Gomloh.

Sebagai musisi sejati, walaupun Gombloh sudah meninggal tapi karya-karyanya hingga kini masih hidup.  Untuk menghargai Gombloh sebagai salah satu legenda musik Indonesia maka dibuat patung Gombloh diwilayah Taman Hiburan Rakyat (THR), Surabaya. Memang sangat disayakan patung Gombloh kurang begitu terawat Man



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »