Festival Durian Di Bumi Khatulistiwa

05.36

             Festival Durian Khatulistiwa, Bleh

TJ- Siapa yang tidak kenal durian. Si raja buah yang hanya tumbuh di wilayah Asia tengggara, karena buah duarian aroma cukup wangi buah enak. Maka pohon ini dikenal dengan pohon (King of fruit) raa segala buah.

Sala satu buah durian terbanyak di Indonesia terdapat di bumi Khatulistiwa terdapat di Kalimantan Barat. Ada sekitar 17 varitas durian yang tersebar diberbagai daerah.


Umunya durian-durian tersebut merupakan durian alam yang tumbuh secara alami di hutan, hutan adat dan tembawang warga. Tetapi akhir-akhir ini durian Kalimantan Barat mulai di budidayakan.(24/8)

Untuk menjaga eksitensi durian bumi Khatulistiwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Festival Durian Khatulistiwa yang dilaksanakan tanggal 24 agustus 2019 sampai tanggal  1 september 2019. Festival ini dipusatkan di halam parkir megal mall Jalan Ahmat Yani Kota Pontianak. Berbagai peserta dari berbagai daerah Kalimantan Barat membawa buah duria unggulanya untuk dipamerkan.



Pada saat pembukaan pameran masyarakat Kota Pontiana tumpah ruah diareal pameran. Karena para pengunjung disuguhkan makan durian sepuasnya dengan gratis.

Salah satu pengunjung M. Syamsuri mengatakan, festival seperti harus sering dilaksanakan untuk menjaga eksitensi keberadaan buah durian di Kalimantan Barat. Menggenalkan potensi buah durian kepada masyarakat sangat penting.

“Walau belum semua durian di Kabupaten panen, tapi ini sudah cukup memuaskan saya sebagai pengunjung. Ini menggambarkan betapa kayanya khasana buah durian di Kalimantan Barat,”.
“Jangan sampai varitas-varitas durian dari Kalbar di Kembagang oleh Negara lain. Akibat kelalaian kita,” ujar Syamsuri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »