Dibawah Naungan Merah Putih

20.23

TJ-Menjelang detik-detik pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebenarnya masih banyak bahkan ada ratusan negara berdaulat di Nusantara.

Sebut saja kesultan-kesultanan besar yang berdaulat Kesultanan Siak, Kesultanan Deli, Kesultanan Banjar, Kesultanan Jokya, Kesultanan Bone, Kesultanan, Sambas, Tayan, Tanjungpura, Cirbon dan masih banyak negara-negara berdaulat di republik ini.

Mengapa mereka sepakat membubarkan diri atau dibubarkan. Mungkin karena senasib sepenanggungan terjajah bertahun-tahun yang kalau dihadapi sendiri-sendiri tidak mungkin. Menghadapi Iprealisme baru Belanda dengan modernisasi peralatan meliternya.

Memang berliku-liku dan penuh keraguan mereka ingin bergabung dengan nehaea kesatuan republik Indonesia. Sebelum bergabung dengan NKRI masih setia dengan BFO masih dibawah naungan kerajaan Belanda.

Namun, hasil lobi-lobi pendiri bangsa terhadap negara-negara yang tersebar di penjuru Indonesia akhirnya mereka sepakat membubarkan negaranya dibawah naungan NKRI secara utuh pasca perjanjian Beja Bundar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »