Celi-Celi Beras Alterntif DI Sukai Warga Malaysia

01.20
Beras Cali...Man

TJ-Kalau bicara beras pasti kita ingat dengan beras pandang wangi, sari wangi, dan mancam-macam jenis. Tapi sebenar ada salah salah satu jenis beras biji cukup besar sebesar buah tasbi. Biasanya masyarakat Dayak Bekatik mengenalnya dengan sebutan cali-cali.

Padi cali-cali ini biasanya ditanam masyarakat bukan sebagai tanaman utama. Tetapi sebagai tanaman pagar. Masyarakat mempercayai menanam padi jenis cali-cali sebagai tanaman pagar sangat bermanfaat untuk perkebangan tumbuhan utama yaitu padi beras seperti padi ketang, beras hitam dan berbagai jenis tanaman.

Mengapa tanaman Cali sebagai tanaman pagar. Biasa Jubata(Dewa)  mau lewat masuk keladang padi mereka melihat-lihat bungan cali. Setelah bungan cali berbungga maka dewa akan memberi bunga pada padi-padi lain dalam ladang sebagai tanaman inti.

Menurut Nadu, hampir semua ladang amsyarakat Dayak Bekatik selalu ada  tanaman cali, karena itu adalah kepercayaan turun-temurun. Tanaman, cali tidak pernah dilakukan secara bayak, cukup untuk pagar tanaman yang lain. Padahal tanaman beras ini adalah beras yang paling mahal dibanding dengan harga beras lain.

Menurut Damianus Nadu harga meras ini di Sarikin Malaysia satu kilonya berharga sekita Rp.30.000,-. Paling diminati oleh masyarakat Malaysia di Sarikin, Malaysia Timur Serawak. Kebebutulan warga di Desa Pak Damianus Nadu setiap minggunya selama tiga hari, Jum'at, Sabtu, Minggu mereka berjualan di Serikin Malaysia.

"Beras cali ini paling banyak mereka cari," ujar Damianus Nadu. Man.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »