Berawan, Air Terjun Tertinggi Kedua di Tanah Kalimantan

03.02
                               Air terjun Berawan, Ul

TJ- Bicara air terjun di Kalimantan, pasti kita ingat di Kabupaten Bengkayang. Kabupaten Bengkayang adalah surganya air terjun(riam) sebut saja, Riam Berasap, Riam Anyu, Riam Batu Bete, Riam Iraang, Riam Pandan, Riam Berawan, dan masih banyak riam-riam lainnya tersebar di Kabupaten Bengkayang.

Air terjun Berawan terletak di Desa Sahan, Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk menuju air terjur Berawan dari Kota Bengkayang sekitar tiga Jam. Menggunakan kedaraan roda dua atau roda empat sampai ke Dusu Malayang Desa Sahan. Dari Dusun Malayang bisa menggunakan kendaraan roda dua menju riam Berawan.  Setelah itu motor bisa di parkir yang disiapkan oleh masyarakat.

Menuruni lembah dari lokasi parkir bagi pemula bisa ditempuh sekitar setengah jam. Dari kawasan parkir suara air terjun merawan sudah kedengaran. Suasana udaranya sangat segar sekali menuju lembah kita melalui hutan primer pohon-pohonya masih besar-besar, tanahnya berbatu.

                                                              Di Air Terjun Berawan, Ul

Bagi pemula, jangan cepat-cepat turun kelembah, karena bisa menguras tenaga dan kehausan santai saja. Karena banyak kejadian, ada yang ingin cepat sampai ke air terjuan Berawan, sebelum sampai tubuh menjadi lemas, muntah-muntah bahkan pingsan.

Kita nimati saja, langkah demi langkah. Kalau melihat bunga-bunga indah photo-photo dulu. Atau duduk dulu dibawag pohon-pohon besar sambil mengumpulkan tenaga.

Tidak berapa lama, kita pasti akan sampai ke Lokasi Riam Merawan. Setelah sampai kita akan mendengar kerasnya suara air jatuh dari ketinggian seratus meter. Setelah sampai di sekitar air terjun Berawan, saya mengamati kiri kanan ke Indahan Alamya Air Terjun Berawan yang tingginya sekitar 100 meter.

Inilah air terjun. Seperti di "surga" saja kiri kanan pohon besar ada sungai yang sangat bersih airnya dan ada air terjun yang sangat tinggi. Beberapa burung berterbangan, termasuk monyet-monyet bergantungan, menurut informasi masyarakat jiga pada pagi hari burung-burung langka mandi dikawasan air terjun Berawang. Sudah ratusan turis yang berdatangan kewilayah ini, seperti dari Austria, Jepang, Belanda, Bandung, Jakarta, Spanyol, Malayasia, China. Walau Keberadaan air terjunya ditengah hutan belantar. Man


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »