Barang Beharga Dalam Tanah Gambut

19.37


TJ-  Tanah gambut diangap tanah yang dianggap momok atau ancaman bagi wilayah-wilayah yang memiliki lahan gambut pada saat musim kemarau.

Pada saat musim kemarau sangat mudah terbakar. Karena tanah gambut merupakan kawasan peralihan antara kawasan hutan perairan air payau dan hutan dataran tinggi.

Kawasan hutan rawa gambut ini, memiliki tingkat serasa yang sangat tinggi. Pembusukan-pembusukan serasah dalam tanah gambut.

Selain itu, ada barang beharga dari resin-resin dari berbagai jenis tumbuhan seperti dari getah Meranti, Ramin, Tembesu, Leban dan berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan Damar.

Damar-damar tersebut membeku dalam tanah gambut. Kandungan minyaknya sangat tinggi sehingga damar ini pada saat musim kemarau mudah sekali terbakar.  Jika sudah terbakar, maka kawasan itu mudah sulit dilakukan pemadaman. Karena damar dalam tanah tetap terbakar, walau apinya sudah padam.

Selain Damar, dalam tanah gambut terdapat akar lake. Akar laka ini merupakan akar yang punya kandungan minyak yang tinggi dan memiliki aromatik. 

Sehingga kalau lahan gambut terbakar, akar lake ini mudah sekali terbakar, dan menimbulkan aroma yang khas.  Barang-barang tersebut sangat berharga, sehingga banyak pemburu mencarinya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »