Alam Dieksploitasi, Alampun Merana

22.53

        Sisa galian pertbangan bouksit

TJ-Sumber daya Alamper makin, makin merana. Kebutuhan manusia berlebihan telah terjadi eksplotasi sumber daya alam berlebihan. Salah satunya ekplorasi sumberdaya alam biji besi dikawasan Kecamatan Tayan, Kabupaten Sanggau.

Salah satu kecamatan yang memiliki potensi biji besi dan hasil tambang lainya paling besar di Kalimantan Barat. Berbagai perusahaan sudah mulai eksplotasi kawasan Tayan.


Deru alat-alat berat dan besar berlalu lalang membersihkan hutan-hutan rimba di Tayan. Setelah itu mereka mengekplorasi berbagai kekayaan yang terkandung didalamnya.

Eksplotasi sumberdaya alam berlebihan di kawasan Tayan sudah terasa. Titik-titik  kerusakan kawasan kelihata bak seperti Padang pasir, danau-danau hasil galian ditinggal begitu saja.

Dampak dari perusakan alam, alam menjadi gersang, berbagai jenis tanaman musnah. Begitu sumber air menjadi kotor akibat pencemaran bahan tambang bouksit.


Ikan-ikan jauh berkurang seperti yang dituturkan salah satu nelayan Tayan, Budi,  Ikan-ikan di Sungai Kapuas jauh berkurang setelah beorasinya pertambangan.
"Sulit dah na dapat ikan belida, udang gala, ikan baong, bahkan ikan seluangpun sepertinya suda musnah," katanya. Man

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »