Sungai Terbersih di Indonesian

19.39

                  Sungai mentatai, photo:Man

TJ-Ketika alam di jaga, pasti bersahabat.
Sungai Mentatai salah satu sungai di kelola oleh masyarakat adat keadaan  dengan baik dan benar. Prinsif hukum adat di wilayah ini masih di gunakan.

Sungai ini terletak di Desa Nusa Poring, Desa Mawang Mentatai Kabupaten,  Kecamatan Manukung, Melawi Kalimantan Barat. Kampung yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka. Medan menuju ini sangat Wau...tapi terbayar dengan melihat ke Indahan alam dan sungainya yang sangat bersih.

Menurut informasi masyarakat tidak semua sungai yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bersih seperti sungai  Mentatai. Karena ada beberapa sungai sudah terdapat pertambangan emas rakyat. Seperti sungai Serawai.


Nah, menarik sepanjang sungai mentatai dipastikan ditumbuhi pohon tengkawang. Pohon yang buahnya dapat digunakan untuk butter nabati.

Bersihnya sungai mentatai

Saking bersihnya Sungai Mentatai kita bisa melihat bebatuan dan ikan dalam sungai. Sungai ini bisa mampu bertahan tetap bersih karena kebersamaan antara Petugas  Tman Nasional  dengan warganya agar tidak menganggu ekosistem sekitar sungai.

Hasil sangat Amazing, inilah salah satu sungai terbersih yang pernah di lihat, dinikmati di Indonesia.

"Pohon di jaga, Sungai Bersama Kita"
Sungai mentatai


Selama beberapa hari tinggal di Desa Poring saya sempatkan diri untuk mandi di sungai. Airnya sejuk, tidak ada satupun sampah yang menutupi sungai seperti sampah-sampah di sungai perkotaan.

"Disini ada hukum adat yang melarang sungainya di korpri,"

Pengelolaa sungai seperti ini harus menjadi contoh rakyat Indonesia. Dimana sungai-sungainya menghadapi problem yang sangat besar pencemaran yang sangat berat.

Sesekali para pegiat Sungai yang sering negarakan kongres sungai, membuat Dewan Sungai Indonesia cuman selama lima tahun belum bisa menghadapi problem  sungai-sungai di Indonesi.

Jangan malu belajar Ama orang-orang kampung pedalaman Borneo yang telah sukses menjaga sungainya dengan baik.

Photo:Sungai Mentatai (Nasional Park Bukit Raya Bukit Baka)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »