Semerbak Wangi Parfum Tanah Borneo

17.56
                Parfum Gaharu tanah Borneo

PTJ-Brangko dan kawan-kawan sibuk memotong kayu-kayu gaharu kelas C yang sudah digunakan lagi. Setelah di potong kecil-kecil kayu-kayu itu digiling hingga halus seperti tepung.

Tim Barangko mengisi dua drum distilasi dengan air dan tepung kayu gaharu. Setelah siap semua peralatan distilasi. Kompor dihidupkan untuk mengeluarkan minyak dari tepung kayu gaharu.

Selama 20 jam mereka menunggu tabung distilasi mengeluarkan minyak gaharu. Sampai salah satu corong tabung distilasi meneteskan minyak dari tepung gaharu. Bangko dan kawan-kawanya bergantian mengisi air. Jika air berkurang dalam tabung.
         Serpihan kayu gaharu

Menurut Branko, sepuluh kilo kayu gaharu akan menghasilkan 6 ml sampai 10 Mili minyak gaharu.

Setelah selesai selama 20 jam." Minyak gaharu mereka simpan dalam botol 10 meli" Setelah siap indukan minyak gaharu, mereka campur dengan berbagai varian aroma.

"Tergantung yang minat bang,aroma apa, aroma gaharu sebagai aroma dasar...".

Usaha Branko dan kawan-kawanya terletak di Desa Sahan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Pembuatan parfum ini di kelola Kelompok Masyarakat Adat Hutan Pikul-Pangajit, .

Aroma minyak Gaharu dari pedalaman hutan Borneo sangat diminati oleh semua kalangan.Kareba aromanya khas Tampa Alkohol. Man

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »