Sebuah Karya "Max Havelar" Dari Tanah Borneo

17.45
Novel Bumi Ayu, Photo:Man

TJ- Novel Bumi Ayu, salah satu karya penulis pemula Kalimantan Barat. Mengambil isu-isu kerusakan lingkungan, pelanggaran HAM, dan perbudakan di sebuah perkebunan Sawit di Kalimantan Barat.

Resti Purwaningrum, coba mengungkap realita yang terjadi di sekitar kapungnya tentang permasalah masuknya perkebunan sawit yang meluluh lantakan sistem sosial masyarakat, hancurnya lingkungan dan pelanggaran HAM.

Dengan setting kejadian di wilayah Kalimantan Barat.
..........
Inilah salah salah satu Novel "Max Havelaar" di era modern. Kalau Novel Max Havelar menceritakan perbudakan di perkebunan Kopi di Banten sekitar akhir-akhir abad 19. Dan tulisan mencetak kalang masyarakat Erofa sehingga di Erofa muncul gerakan-gerakan anti penjajahan.

Nah, novel Bumi Ayu yang menceritakan realita terjadi di perkebunan sawit besar ini yang mewakili apa yang terjadi di perkebunan sawit yang tersebar dibeberapa wilayah di Indonesia, mulai menceritakan peyerobotan lahan, perbudakan, kerusakan hutan dan pelanggar HAM.

Saya sebagai pembaca Novel ini larut, merenungi dan emosi apa sesungguhnya yang terjadi di sekitar kita. Kerusakan lingkungan, pelanggaran ham dan perbudakan.

Novel Bumi Ayu membuka mata kita, walau sudah merdeka di negeri ini masih sering terjadi pelanggaran HAM, Perusakan Lingkungan, dan Perbudakan

Sebagai penulis Pemula, Resti telah mampu mengungkap realita-realiata yang terjadi di sekitarnya.
Buku ini cocok di baca oleh masyarakat yang ingin melihat kejadian sesungguhnya di negeri ini, Pelanggaran Ham,Kerusakan lingkungan , Perbudakan dan ketidak Adilan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »