Rasanya Beda, Kopi “Arang” Aceh

12.34
               Pembuatan kopi arang

TJ-Saya setiap pergi kesebuah Kota selalu mencari warung Kopi Baru. Untuk menikmati rasa Kopi. Memang kalau ke Aceh mau di Kota-kota ataupun kekampung-kekampung kiri kananya pasti ada warung Kopi.

Warung kopi yang pertama saya cari adalah warung kopi umainstream. Warung-warung kopi tradisional yang berada dipojok-pojok pasar Tradisional  dan tentunya pengopinya rata-rata sudah berusia sepuh. Saya menemui sebuah warung Kopi di Loksukon , Aceh Utara, nama warung kopinya. Warung kopi Away.

Warung kopinya unik karena mereka memasak air panas dan kopinya tidak menggunakan kompor gas ataupun kompor listrik. Tetapi menggunakan arang. Arang-arang mereka simpan ditempat segi empat dan dibakar-dibakar hingga apinya hidup.
Kompor arang pembuat kopi


Lalu mereka memasak air dan kopi diatas kobaran api arang tersebut. Beberapa menit air dal kopinya sudah medidih. “Ini kebiasaan saja bang kami buat kopi menggunakan aran,”.

Warung kopi Away dari pagi sampai malam selalu penuh , tidak pernah sepi.

Karena pada saat itu ingin merasaka kopi saya langsung memesan dua gelas kopi. kopi hitam dan kopi sanger. “Sanger dan kopi hitam bang,”dengan logat melayu Pontianak.

Pesanan saya langsung dibuat dan langsung diantar, salah satu pekerja warung Kopi menyangka saya orang Malaysia atau Singapura.

Kopi Hitam dan Kopi Sanger



“Abang dari Malaysia atau Singapura ya,” tanya salah salah satu pekerja warkop.
“Bukan, saye buda Ponti,”

“Iyakah,” sambil dia menyimpan Kopi pesan saya.

Saya mencoba menicup aroma kopi yang dibuat diatas bara api arang kayu. Aromaya cukup uni. Lalu saya meminum kopi tapa gula tersebut. Karena teorinya kalau kita ingin menikmati kopi asli jangan pakai gula.

Setelah rasakan ternyata rasanya beda dengan kopi-kopi umunya. Walaupun kopinya jenis kopi Robusta. Ternyata rasa asamnya hampir hilang.

Saya langsung kontak teman yang bertahun-tahun bergelut dengan masalah arang. Jawabnya.
“Memang arang mampu menyerap asam kopi, dulu kami pernah mencobanya,”

Ohw pantes kopinya sangat enak, termasuk kopi sangernya berbeda dengan kopi robusta yang dibuat menggunakan kompor litrik atau kompor Gas. (Man)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »