Pohon-Pohon Raksasa Sisa Peradaban Samudra Pasei

11.07
                    Pohon Kumbang

TJ-Siapa tidak tahu Samudra Pasei. Samudra Pasei Aceh adalah kesultanan/kerajaan muslim pertama di Indonesia dulu di Nusantara. Banyak bukti-bukti peninggalan kesultanan Samudra Pasei selain manuskrip dan Makam-Makam Sultan Samudra Pasei.

Menarik waktu saya berkunjung ke salah satu komplek pemakaman Sultan Samudra Pasei Malekul Saleh. Saya melihat pohon-pohon berukuran besar masih hidup kokoh. Pohon itu bahasa kampungnya adalah pohon kumbang dan pohon Aksan.
Pohon aksan


Penjaga makam Malekul Saleh pun tidak tahun dari kapan pohon itu tumbuh
Menurutnya, sejak dia masih kecil pohon itu memang hidup sudah besar seperti itu.

Kedua pohon itu mempunyai fungsi untuk pengobatan tradisional Aceh. Pohon kumbang busnya warna ungu bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang, sementara pohon angsan bermanfaat untuk mengobati sakit panas dan sakit kepala.
             Makam Sultan Malekul Saleh

Keberadaan Pohon-pohon tersebut membuat sejuk wilayah komplek pemakaman Sultan Malikul Saleh. Diameter pohon kumbang diperkirakan 2 meter sedangkan pohon Aksan sekitar 2,5 meter. Untuk membuktikan usiha pohon itu diperlukan ahli untuk menelitinya apakah sama seusia kesultanan Samudera Pasei sekitar 700 tahunan.

Menurut cerita, waktu sunami Aceh perkampungan wilayah tersebut terkena dapak sunami. Kampung porak poranda, tetapi komplek pemakaman dan pohon-pohon aman tidak terkena dampak sunami.

"Ini kekuasaan Tuhan,"kata penjaga makam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »