Perjuangan Petani Tembakau Madura Disaat Musim Kemarau

01.57

Lahan kebun tembakau

TJ- Disaat awal musim tanam tembakau semua masyrakat  Desa Sanatengah Kecamatsn Pasean Kabupaten Pamekasan menyiapkan lahan dengan  cara membajak dan  mencangkul tanah agar supaya bibit tembakau mudah ditanam.

Di Madura secara umum,Desa Sanatengah hampir dua bulan tidak hujan sehingga keadaan tanah / lahan tembakau kering n keras untuk diolah atau dibajak sehingga para petani harus menyiram tanah tersebut biar dapat diolah.

Perlu diketahui tanaman tembakau dimadura tidak memerlukan asupan air terlalu banyak, apabila asupan air terlalu banyak , apalagi kena hujan maka tembakau akan rusak dan harga anjlok atau tdk laku sama sekali. Kondisi ini orang madura bilang tekor ( rugi ).

Saat ini untuk menanam terbakau memerlukan bugt sangat besar karen dari pengolahan tanah sampai nyiram air yg didapat dengsn cara menyedot disumber  sumur air  sekitar tujuh tahun yg lalu petani menyiram tembakau dengan cara mengambil airnya dipikul ( aeng epekol ) berarti budget tidak besar.

Jumlah petanai di Pamekasan dan  sekitarnya dari waktu kewaktu mengalami penurunan, semua ini disebabkn oleh regenerasi petani, generasinya kurang tertarik jadi petani tembakau  lebih tertarik bekerja keluar negeri.

Selain itu juga dipicu oleh buget yang harus dikeluarkan sangat besar, baik mulai penyiapan lahan, beli bibitnya, pupuk , pengadaan air ,saat merajang ( masat ) juga pakai biaya.

Selain hal tersebut diatas, masa panen tembakau cukup lama ( kurang lebih 3 bulan ). Perawatannya juga perlu ektra agar hasil yang didapat bagus n harganya mahal, tapi klau tidak ya akan rugi ( tekor bender).

Kokeng salah satu petani tembakau saat ditanya apakh tahun ini akan tanam tembakau? menjawab dengan ragu ragu, karna mnrt beliau biaya yang harus dikeluargan sangat besar katena dari persiapan tanam sampai masat( rajang ) pakai uang ,belum tentu sukses, suksespun hasilnya sangat minim , bisa bisa rugi. Ini yang menjadikan semua petani tembakau  berat.

Tahun 2018 menurut keterangan Kokeng harga tembakau termahal sekitar   Rp.47.000 / kg, harga tersebut kalau dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan dan rentang waktu panen sepertinya inpass( tak rogi ban tak ontong). Mahfud

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »