Pasar Tengah Pusat Ekonomi Kalbar

17.07
              Pasar Tengah Kota Pontianak

TJ-Kalau ke Pontianak, dimana pasar tua di Kota Pontianak. Pasti orang menujuk wilayah pasar tengah. Sejak zaman kesultan Pontianak pasar tengah sudah ada.

Disebut pasar tengah, karena wilayah ini berada ditengah-tengah pusat kota Pontianak. Dan di tepi sungai Kapuas. Di lihat arsitektur bangunannya masih menggunakan arsitektur lama. Dimana masih banyak bangunan cpuran antar kayu dan semen.

Pasar ini merupakan pusat grosir terbesar di Kalimantan Barat. Barang-barang apapun untuk kebutuhan masrakat ada dipasar ini.

Bangunan tua pasar tengah


Maka, ditepi sungai disekitar pasar ini ada dua pelabuhan sungai. Yaitu pelabuhan Senghie dan Pelabuhan Kapuas. Pelabuhan ini untuk mengangkut kebutuhan pokok kedaerah perbukuan melalui Sungai Kapuas.

Barang-barang tersedia pasar ini dari mulai kain, makanan, mesin, umpan ternak, eletrokni, kebutuhan pokok tersedia dipaar ini.

Pasar tengah setiap hari tidak pernah sepi. Dikawasan pasar tengah sudah di plot-plot sesuai barang. Sehingga memudahkan pembeli mencari barangnya dikawasan pasar ini.


Lorong pasar tengah


Pasar tengah adalah pasar yang melengenda bukan saja bagi warga masyarakat kota Pontianak tetapi bagi masyarakat  Kalimantan Barat. Karena pasar tengah merupakan urat nadi ekonomi masyarakat Kalbar

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »