Menuju Hegemoni Kemerosotan

22.07
TJ-Selain tukang demo, dulu juga kita kutu buku, dan antu diskusi salah satu buku Utama yang di bace dan di karangan  adalah Filsuf dan Sosiolog abad 19  salah satu intelektual kiri Antonio Gramci.

Teori yang terkenal adalah teori Hegemoni. Menurutnya, hegemoni adalah menguasai sebuah institusi dan pikiran. Tapi yang di kuasai sedang tidak sadar.

Agenda setting diluar kesadaran kita semua. Kecuali dia seorang pembaca yang tajam. Karena menurut teorinya ketikan pikiran terhegemoni maka publik tidak sadar sedang di gerakan kekuatan tersembunyi. Karena telah terjadi brain washing (Pencucian otak).

Melihat gejala yang sedang terjadi di negeri ini, teori itu bisa di jadikan salah satu pisau analisa. Sepertinya hegemoni yang sedang terjadi di arahkan ke hegemoni kemerosotan. Masyarakat mengkonsumsi informasi bohong(Hoax) yang di giring pada ketidak nyataan menjadi nyata.

Hegemoni Yang Merosot, Menurut Gramsci pada tahap ini terjadi potensi disintegrasi atau potensi konflik yang tersembunyi dibawah permukaan.

Kate peserta diskusi saat itu, hegemoni lebih berbahaya dari perang Nuklir, karena ini bisa mengakumulasi pada pikiran, perilaku dan budaya.

Sudah bisa kita liat dan rasakan caci maki antar antara anak bangsa, fitnah tidak ada batasnya lagi tersebar di mana-mana

Sedang di hadapi negeri ini, Kondisi ini hanya bisa di netralkan dengan kontra hegemoni. Seperti apa kontra hegegomi, care-care lo strateginya.  Mudah-mudahan dapat di  lai latul qodr....malam ini...sebagai salah satu petunjuk...

Soalnya kalau ta ade kontra hegegomi bise terjebak pada jurang atau perahu jadi retak lalu karam, bise juga ke puncak angkasa...Kate Scanerio Building negeri ini, yang dibuat kawan-kawan dulo

(Memori zaman Demonstran Dulo)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »