Keindahan Air Terjun Anyu

20.46
                          Air terjun anyu...

TJ-saya menyusuri tepian sungai ayu, arus sungai begitu tenang. Biasa kalau arus sungai tenang harus hati-hati konon terdapat binatang air buas baik ikan, buaya atau ular. Ada istilah"Air tenang belum tentu tidak berbahaya,".

Tiba-tiba saya dikejutkan dengan suara gemuruh air, arus Airpun makin kencang.
"Kita sudah dekat ke air terjun Anyu bang," kata Branko guide kami.

Iya saya melihat arus air makin kencang, airnyapun kelihatan sangat jernih. Dalam air terdapat batu cadas. Pohon-pohon rindang menambah keindahan air terjun Anyu.

Di tambah suara binatang hutan adat Pikul-Pangajit membuat suasana alam air terjun anyu sangat eksotis.

"Ini surga di tanah Borneo yang tersembunyi,".
   Suasana alam air terjun Anyu.Photo:Man
           
Air terjun Anyu satu landcape dengan kawasan hutan adat Pikul-Pangajit. Air yang mengalir dikawasan air terjun Anyu berasal dari kawasan hutan adat pangajid dimana Pohon-pohon masih besar-besaran hingga sekarang masih bertahan.

Air terjun Anyu terletak di Desa Sahan,Seluas Kabupaten Bengkayang dari Kota Desa bisa ditempuh sekitar 15 menit menggunakan kendaraan roda. Berjalan kaki menuju kawasan 15 menit.

Sampai disekitar air terjun Anyu saya santai sejenak sambil menikmati ke indahan alamnya. Terus menyentuh airnya luar biasa bersih. "Beginilah ketika alam di jaga, akan selalu berkawan dengan kita


Menikmati segelas kopi di Air Terjun Anyu

Air terjun Anyu lebar sekitar 40 meter, tinggi sekitar 8 meter. Walau tidak terlalu tinggi tapi ke indahan alamnya sungguh mempesona. Saya sempatkan bercumbu dengan air-air terjun Anyu dan meminumnya.

Sambil menikmati air terjun Anyu, saya juga menikmati secangkir Kopi pagi,  untuk mengurangi rasa dingin sehingga membuat suasana lebih "Amazing". Man.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »