Ginseng Hutan Borneo

17.09
Segelas air ginseng, photo:man

TJ- Mungkin orang mengetahui tumbuhan ginseng hanya terdapat di Korea. Faktanya tidak, tumbuhan gingseng bukan monopoli negeri Korea. Negeri yang identik dengan negeri ginseng.

Ternyata hutan tanah Borneo memiliki gingseng jauh lebih besar dari Gingseng Korea. Mungkin kalau dibandingkan dengann gingseng korea, Ginseng hutan tanah Borneo jauh lebih besar gingseng hutan Borneo pancang ada yang sampai 1,5 meter warna putih kemerahan.

Saya mendapatkan sekitar di kawasan bukit "Jengkol" perbatasan Kubu Raya- Tayan Kalimantan Barat. Masyarakat sekitar menjual di warung-warung tradisional

"Sungguh luar biase"

Menurut pedagang ginseng hutan Borneo ini di dapat dari hutan adat mereka. Mereka mengatakan, mamafaat dari gingseng hutan borneo untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit panas dalam, demam panas, batuk dan lain-lain.

Gingseng hutan Borneo, Photo:man

Inilah manfaat berteman sama guru-guru para leluhur. Ternyata alam Nusantara, khususnya tanah Borneo banyak menyimpan Mesteri kekayaan alam. Mereka memiliki pengetahuan luar biasa...
Kebiasaan bersatu dengan alam mereka memproduksi pengetahuan modal empiris, walau tidak menggunakan metode ilmiah...tapi pengetahuan sunggu luar biasa dan mrlampaui Zamanya.


Ginseng ini penggunaanya di rebus dengan air, kalau sudah berubah warna menjadi merah kecoklatan lalu di angkat.  Simpan sampai dingin, lalu kita minum. Waktu saya meminumnya arom ginsengnya sama dengan ginseng yang berasal dari korea, termasuk rasanya.

Sudah seharusnya kita menjadi bangsa kuat, sehat, dan cendas, Seperti bangsa Korea, China..karena alam Nusantara sudah menyiapkan semua yang kita butuhkan....
"Alam yang masih di jagelah,"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »