Danau Laut Tawar di Puncak Gunung

12.13



Danau laut tawar, photo: man

TJ-Suhu disubuh hari kota Takengon sangat sejuk  sekitar 17 desarat celsius. Bagi ukuran  kebanyakan orang Indonesia suhu itu sangat dingin. Untuk menghangatkan badang saya  santai dulu disebuah warung kopi.

Sambil memsan segelas kopi hitam arabica tampa gula. Tujuan saya pada saat itu mau menuju ke Danau Laut Tawar salah saatu Destinasi Wisata di Kota Takengon, Aceh. Kota ini mungkin lebih di kenal di luar adalah kopi Gayonya. Memang wilayah ini menghasilkan kopi terbaik di dunia.

Selain itu kota tankengon sebagai salah satu wisata di Aceh. Walau keberadaannya di ketinggian 1.230 meter dari permukaan laut. Kota ini banyak menyiap penginapan dari kelas yang melati hingga hotel berbintang.
          Menikmati Keindahan  photo:Man

Tujuan saya, selain langsung melihat kebun Kopi tujuan saya mau melihat keindahan Danau Laut Tawar. Yang tidak jau dari pusat Kota Takengon. Sekitar 10 menit bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4. Disebut danau laut tawar, karena airnya berwarna biru dan rasa airnya tidak asin tapi tawar.

Saya menuju ke danau laut tawar. Setelah sampai di sekitar danau laut dawar saya melihat banyak permukiman warga. Karena waktu masih pagi belum kelihata warga beraktivitas. Suhu pada waktu itupun sangat dingin.

Kota Tangkengon dari puncak gunung, photo:man

Turun di sekitar danau melalui tangga manjid saya melihat ke indahan danau. “Sungguh luar biasa, diatas puncak gunung ada danau,”. Luas danau laut tawar sekitar 5472 hektar. Embun-embut putih masih menyelimuti atas danau. Sinar matahari pagi mulai memecah  butiran embun. Keramba-keramba sekitar danau dan perahu nelayan mulai kelihatan.

Saya duduk santai disekitar danau sambil melihat keindahan danau. Selain dikelilingi perkampuangan Danau laut tawar juga di kelilingi oleh gunung. Saya ingin membuktikan apakah air danau tawar atau asin. Saya mencoba meminum air danau laut tewar, memang rasanya tawar tidak asin.

 
 Padang sapana disekitar danau, photo:Man

Disekitar danau laut tawar juga terdapat sawah-sawah milik warga keindahan danau laut tawar dan terdapat gunung-gunung lumut seperti padang rumput. Air danau sangat jernih ikan-ikan dalam danau terlihat berkeliaran bebas didalam air.

Di puncak bukit sekitar danau terdapat beberapa fasilitas wisata untuk pengunjung yang menikmati keindahan Danau Laut Tawar dan kota Tankengon dari Puncak gunung. Sayapun menikmati ke indahan kota tangkengon  dan laut tawar dari puncang gunung sekitar danau. (Man)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »