Riam Bide, Surga Tersembunyi Di Pedalaman Borneo

03.46
Riam Bede di Kaki Gunung Niut, Photo:Man

The-J, Mungkin kalau bicara Riam (Air terjun) Bede keanyakan orang kurang familiar keberadaan riam ini. Karena letaknya yang tersembunyi di pedalaman Kalimantan Barat. Letaknya di Dusun Nibung, Desa Sahan, Kecamatan Seluas Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat.

Riam ini terletak di tengah hutan Borneo, jauh dari permukiman warga. Tepatnya di kaki Cagar Alam Gunung Niut. Saya menuju riam bede dengan menggunakan kendara roda dua sekitar dua jam dari dari pusat Desa Sahan.

Menyurusuri jalan tanah terdapat kebun-kebun jagung dan lada milik warga. Setelah melewati jalan itu. Saya baru melalui jalan di hutan. Mendekati riam, saya sudah mendengar suara air riam bendei, dan suara-suara binatang hutan.

                                       Sedang berada di riam bede, photo;Man

Sekitar satu kilometer kendaraan harus berhenti, karena kendaraan tidak bisa melalui jalan setapak yang begitu terjal. Setelah kendaraan di simpan di salah satu pondok ladang warga. Saya mulai berjalan kaki, menuruni tanjakan. Semangkin dekat suara air makin keras. Perasaan hati mulai-mulai bahagia.

Setelah sampai di riam saya melihat pemandangan yang sangat luar biasa," di tengah hutan borneo terdapat suraga yang tersembunyi,".

Batu-batu besarseluar lapangan bola berhamparan, di lalui aru sungai yang sangat deras. Kiri kana terdapat pohon-pohon hutan yang masih hijau dan suara binatang hutan. Sehingga keberadaan ini seperti laksana di surga.

Saya bersama tiga orang teman, menikmati ke indahan alam riam bide, menurut penujuk jalan yang mengikuti saya Roni, "Riam ini sangat jarang di kunjungi orang- karena jaraknya sangat jauh,".

Maka riam ini kurang di kenal orang,"kalau melihat ke indahan alamnya tidak kalah dengan riam-"riam di indonesia lainya,".

Kebetulan pada saat itu, saya berada di atas air terjun, di hamparan batu yang sangat luas. Dibawah saya terdapat air terjun yang tingginya tidak kurang 10 meter. Dibawahnya terlihat sungai yang cukup tenang.

"Disini banyak ikan semah bang, kalau na jale dan mancing pasti dapat,"kata Roni.

Menikmati ke indahan riam bede sangat luar biasa, jauh-jauh menyusuri hutan tidak rugi menikmati ke indahan alam riam bede.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »