Gelanggang Ternak Tradisional, Omset Meliyaran Rupiah

14.34
Sapi-sapi di gelanggan ternak Pathon Labu
Th-J, Ratus mobil Pic-Up, Truk dan kendaraan bermotor pagi-pagil sekitar pukul enam berdatangan ke gelanggan ternak di Pathon Labu,  Kecamatan Jambu Ae, Aceh Utara. Kendaraan tersebut berisi berbagai jenis hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, dan kerbau.

Mereka datang ke gelangan ternak ini bukan untuk bertanding, tetapi untuk berdagang, sapi. Yang datang ke Gelanggang ini umunya toke-toke sapi dari berbagai kampung di Aceh Utara. Ribuan hewan ternah berdatangan di gelanggan ini.

Interaksi antara pedagang dan pembeli berjalan secara informal. Pakaian para toke ternak tidak seperti bos-bos di Kota menggunakan jas dan pakai dasi.  Toke ternak di gelanggan ini menggunakan pakaian seadanya saja.

                                                                 Pasar hewan pathon labu

"ini the Riil sistem ekonomi kampung Indonesia" saya mengatakan begitu, Ekonomi Desa ini, tak terpengaruh gejolak pasar modal, tak terpengaruh perpolitikan nasional, tak terpengaruh medsos di tutup oleh pemerintah.

Tak perlu pake kuitansi, modal kepercayaan saja..
"Ku serahkan sapi ini, warna coklat, jenis kelamin lelaki, harga 15 juta rupiah, uang milik saya, sapi milik kamu, sah,".

Bisa cashbon juga, kalau dah akrab dengan para toke sapi...

Begitulah bunyi akat transaksi sapi, di gelanggang sapi Panton Labu Aceh Utara. Tak perlu kuitansi hanya modal kepercayaan mereka menyerahkan uang puluhan juta bahkan sampai ratusan juta dan sapinya secara transparan penilainya.

Kambing di gelanggang ternak pathon labu.

Di perkirakan dalam satu hari di gelanggang sapi ini. Satu hari omsetnya 15 meliyar sampai 20 meliyar. Selain ada ribuan sapi juga terdapat ratusan domba, kambing dan kerbau. Menariknya kawasan ini bukan di kelola oleh pemerintah, tetapi dikelola oleh masyarakat lokal.

Inilah the Riil ekonomi di Indonesia yang masih bertahan dari sejak dulu di kampung.
Di tanya pada beberapa toke sapi mereka tidak tahun kapan gelanggang sapi itu ada.

"Pokonya sudah lama, sejak mereka masih kecil,".
Letaknya di Aceh Utara, Kecamatan Jambo Ae Panton Labu.

Pada zaman konflik Daerah Operasi Meliter, Gerakan Aceh Merdeka. Gelanggang sapi ini. Tidak terpengaruh dengan suara dar...door senjata. Mereka tetap exist bertransaksi.
Inilah sebenarnya basis ekonomi rakyat Indonesia di penjuru kampung-kampung di Indonesia perlu menjadikan contoh untuk kesejahteraan rakyat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »