Mesteri Sebuah Koper Tua

15.19
Kotak tua
TJ-Koper itu berwana coklat, model koper sudah sangat lama kali, mungkin pada saat ini koper itu sudah tidak produksi lagi. Karena sebuah koper, sepeninggalan almahrum koper itu tidak pernah kami buka.  telah lama tak pernah dibuka.

Sambil menunggu berbuka puasa, kami memberanikan diri untuk membuka kota itu.

Setelah dibuka kotak warisan kake , ternyata banyak "harta" peninggalannya diantaranya  kitab-kitab dahulu kala bertuliskan hurup arab melayu. 
                                                                Map  dau pandan hijau

Di dalamnya juga terdapat map terbuat dari daun pandan pantai. Didalam map terdapat dokumen-dokumen berharga berhage, mungkin hasil hutan waktu beliau "sekolah" seperti ilmu fiqih, ilmu Falaq, dan ilmu tauhid, dan pastinya tradisi masyarakat dulu banyak jimat/mantra yang saya tidak tahu manfaatnya.
Saya hanya fokus sebuah map yang terbuat dari daun pandan duri.
Map organik karya para leluhur, di kala keterbatasan kertas dan plastik para leluhur memanfaatkan daun-daun sekitar di jadikan Map.

                                                              Kitab kuning di atas map

Sungguh luar biase, para leluhur kite sudah membuat karya sebuah Map dari daun pandan duri. Pandan organik.

Berbeda dengan karya para Manusia"Modern" penuh mengandung "racun" seperti senyawa Clorin, dan juga 'merusak" alam. Karena untuk produksi satu kertas minimal satu pohon di tebang.
Apalagi Map berbahan plastik, yang dalam jangka panjang dapat mematikan kehidupan dunia. Seperti yang sedang viral saat ini .ribuan binatang laut dan darat terjebak oleh sampah plastik
Kita sudah saatnya kembali dan jangan malu belajar pada ilmu para leluhur.Yang ramah pada lingkungan dan kehidupan.
Map organik minimal mampu mengurangi sampah kertas dan plastik..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »