Lambai Sayur 44 Jenis Tumbuhan

20.17

Sayur Lambai

TJ- Pada saat bulan Rhamadan tiba bermunculann berbagai macam khas makan  tradisional yang langka.Aceh yang selain terkenal dengan kopinya. Juga terkenal dengan berbagai jenis makanan, seperti Mie Aceh, Rendang Aceh, Kari Aceh, Nasi Goreng Aceh, sayur mayur Aceh.

Pada saat bulan ramdhan ini  terdapat makanan yang langka, hanya keluar pada saat bulan Rhamdan, yaitu Lambai. Lambai merupakan sayur kering yang terbuat dari berbagai jenis tumbuhan dan rempah tidak lebih tidak kurang tumbuhan dalam sayur Lambai diperkirakan 44 jenis tanaman dijadikan satu.

Tanaman yang di jadikan sayur lambai adalah tanaman,  yang kaya biasa di jadikan obat-obatan tradisional.

44 jenis tumbuhan terdapat dalam hidangan sederhana ini, seperti daun Pagagang, daun sirsak, daun jarak, daun letop-letop, daun binahong, daun akar.daun jeruk perut..daun temurui..daun kunyit..daun serai..dll.

Menurut pengetahuan modern daun-daun tersebut mengandung senyawa antioksidan tinggi, dan bermanfaat menyembuhkan penyakit mematikan. Serta memiliki gizi yang sangat tinggi.

Tumbuhan ini tumbuh di sekitardi perkarangan warga. Kalau tidak ada di perkarangan warga tumbuhan ini. Warga pergi kehutan mencari 44 jenis tumbuhan. Soalnya kalau satu jenis tumbuhan tidak ada maka rasanya akan berkurang.

Setelah lengkap 44 jenis tumbuhan, daun-daun tersebut di racik di campur rempah, seperti parutan kelapa, kacang goreng, cabe, kunyit dibuat serba kering.

Hidangan ini sengaja di hidangkan special bulan Rhamadan. Selain bulan rhamdan sulit ditemui hidangan ini di pasaran karena tidak diproduksi warga.

Rasa sayur lambai ini sangat gurih dan menyegara tubuh, setelah saya menikmati pas buka puasa di bulan Rhamadan.


Sungguh luar biase, pangan peninggalan leluhur Nusantara. Sebelum pengetahuan "modern" mereka sudah memproduksi hidangan pangan yang multifungsi, dengan meracik berbagai jenis daun-daunan menjadi satu. (Theman)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »