Pancasila Bukan Sekedar Ideologi Politik

14.04
Burung Garuda Lambang Negara Republik Indonesia

Satu juni merupakan hari lahirnya Pancasila. Sebelum Indonesia merdeka persiapan kemerdekaan Indonesia sudah disiapkan dengan dibuatnya tim perumus ideologi Bangsa. Salah satunya anggotanya Soekarno.  Yang di kenal sebagai presiden pertama negara Republik Indonesia.

Perdebatan tentang Ideologi Bangsa memang sangat panjang. Dalam pelaksanaan mengalami pasang surut mulai dari perubahan piagam Jakarta, dibubarkanya badan penanganan Pacasila yang dibuat zaman ORBA dll.

Dan beberapa tantangan serius dari pada ideologi yang berbeda sempat melakukan pemberontakan yang tujuanya untuk merubah ideologi Pancasila.

Zaman Orba Pancasila sangat sakral sekali. Sehingga pada saat zaman Soeharto semua organisasi Politi dan sosial kemasyarakatan diwajibkan melaksanakan dan menerapkan ideologi Pancasila. Sehingga terjadi perdebatan panjang, didalam berbagai lembaga,bahkan ada yang sampai pecah.

Nah...seolah-olah Ideologi Pancasila hanya diterapkan dalam beroganisasi sosial dan politik saja. Sementara dalam sendi kehidupan lainya belum dari pulai prilaku hidup, ekonomi, dan sistem pendidikan.

Kalau, kita lihat perkembangan sistem ekonomi dan pendidikan kita sangat tidak Pancasilais. Karena banyak bertentangan dengan nilai-nilai ke Pancasilaan. Karena mungkin sistem ekonomi kita terjebak pada pertarungan global yang sangat kapitalis dan liberalis.

Jelas ini sangat merugikan Bangsa Indonesia. Kita bisa melihat bagaimana Sumber Daya Alam kita di keruk, hutan kita dieksplotasi hingga dirusak, Sejahtrakah rakyat kita...menurut saya tidak.

Justru kantong-kantong kemiskinan terdapat  didaerah kaya akan sumber daya alam yang diekplotasi justru rakyatnya miskin, bahkan ada yang harus dipenjara karena memertahankan SDAnya.

Kejadian-kejadian seperti ini hampir terjadi diberbagai tempat. Menurut saya sistem ekonomi seperti itu sangat tidak pancasila karena bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Mudah-mudahan dalam momen hari lahirnya Pancasila, Pancasila bukan hanya digunakan untuk isu-isu politik atau untuk melawan lawan politik. Tetapi Pancasila harus dijadikan dasar berkehidupan berbangsa dan bernegara dari mulai sistem politik,ekonomi,budaya,sosian dan spiritual.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »