Merananya Sungai Kapuas

16.31
Pertambangan Bouksit di tepian Sungai Kapuas


Sungai Kapuas merupakan Sungai Terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.143 km. Sungai yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa banyak. Seperti ikan diperkirakan ada ribuan jenis ikan.

Namun, panjang dan luas Sungai Kapuas membuat saya kuatir. Setelah bertemu salah satu Nelayan di Kecamatan Tayan Hilir, Sali mengatakan. Sekarang ikan sudah sulit di cari di Sungai Kapuas karena kondisi airnya sudah tercemar.

“Saya baru masang pukat, tapi tidak dapat ikan. Ini mungkin airnya sudah sangat tercemar,” ujar Sali.
Sali mengatakan, dulu mencari ikan sekilo dua kilo sangat gampang. “Nebar jala, satu dua kali kita sudah dapat ikan, sekarang mana ade,”.

Banyak aktivitas ditepian kapuas dan anak sungai yang tidak terkontrol membuat air sungai menjadi tercemar sehingga ikan-ikan yang dulunya banyak menjadi hilang. Aktivitas-aktivitas tersebut seperti perkebunan, pertambangan, dan aktivitas warga.

Sali berharap, harus segera ada perhatian pemerintah agar kualitas air kapuas terjaga tidak tercemar.
Menurutnya, saat ini warga mane mao minum ae kapuas, aenya dah tercemar. :Hampir semua warga tepian kapuas minum ae galon.

Sungguh mengkwatirkan, hidup dilumbung air tapi minum air menggunakan air galon, seperti pepatah tikus mati dilumbung padi.

Jika keberadaan Sungai Kapuas tidak diperhatikan serius oleh pemerintah, ini akan berdampak signifikan pada Kalimantan Barat dan wilayah sekitar. Karena Air Kapuas merupakan indikator kehidupan masyarakat Kalimantan Barat yang dilalui Sungai Kapuas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »