Bacalah Buku dan Data Dengan Baik Biar Otak Enda Emosional

01.13
Buku belangak bocoor...


Melihat Fenomena yang terjadi menjadi perdebatan Publik yang pernah terjadi salah satunya adalah Indonesia Bubar 2030. Ada yang emosional antar dua Kubu dalam menyikapi Peryataan salah satu Tokoh Nasional Indonesia. Ada beberapa yang rasional emosinal, ada yang rasional.

Saat ini, saya menulis bukan sebagai kapasitas sebagai salah satu pendukung Calon Presiden  2019, atau mendukung Presiden yang berkuasa. Tetapi sekedar sharing pengetahuan bagaimana membaca sebuah Dokumen dengan baik dan benar sehingga tidak emosional.

Selama yang saya ketahui  Prediksi Indonesia akan Bubar jika...sudah di mulai sejak awal Indonesia Berdiri jika...baka dibangun kesepakatan bersama dirumuskan Pancasila sebagai dasar Negara.

Kembali pada kemungkinan Indonesia Bubar, sebenarnya bukan hanya satu buku yang mengatakan yang di baca  Prabowo, ada beberapa dokumen Prediksi. Baik yang berbasikan fiksi maupun ilmiah.

Indonesia Abad 21, Scenario Masa Depan Indonesi tahun 2010, dan lain-lain. Saya rasa dilembaga kridibel pemerintah sudah dipastikan sudah ada membuat Scenario itu dalam rangka mebuat problem solving ataupu membuat managemen resiko.  Jika sesuatu tidak diinginkan terjadi. Maka manajemen resikonya sudah dibuat untuk cara mengatasinya.

Pasca Reformasi sekitar tahun 2000 INDONESIA pada saat itu masih dalam ketidak pastian.

Beberapa  elemen beberapa kali pertemuan tentang membuat Scanerio Builnding ke Indonesia. Kebetulan saya diberi kesempatan untuk hadir pada beberapa kali pertemuan.

Bukan orang sembarangan yang hadir ada Akademisi Top, Lawyer, Aktivis, Seniman Top, Jurnasil Top dan Tokoh Kunci di Indonesia.   Nasional dan Lokal Dilaksanakan diberbagai Provinsi Kunci Perpolitikan Nasional. Kebetulan Pontianak menjadi salah satu tepat kegiata, saya turut hadir waktu itu hadir sebagai  utusan mahasiswa.

Beberapa dari mereka semenjak Pemerintahan SBY dan Pemerintah JKW menempati posisi strategis. Dan mereka pastinya masih ingat dengan Scanerion Building yang dibuat oleh mereka tentang ke Indonesia.

Karena orang-orang top yang hadir saya beresempatan. Saya yang masih sebagai mahasiswa  bukan saja berkenalan sama mereka, tapi menggali  sembayak-sebanyaknya ilmu dari mereka diselar pertemuan kami berdiskusi panjang tentang ke Indonesia. Saya  beruntung mendapat pengetahuan yang sang Wow....Beberapa materi sampai sekarang masih disimpan rapi oleh saya. Karena ini pengetahuan sangat kren.....

Waktu Top Akademisi yang jadi pembicara kunci menjelaska. Seiring perkembangan Ilmu Pengetahuan Prediksi masa depan sudah bisa di perkerikan. Salah satu pisau analisa adalah Scanerio Building. Scanerio Building salah satu ilmu untuk mempredikasi masa depan akan seperti apa

Namanya Scenario Building pastinya menggambarkan apa yang mungkin terjadi, mengapa itu mungkin terjadi, dan dengan konsekuensi apa.

Scenario Builnding bisa digunakan untuk, menjadi alat yang sangat kuat untuk merenungkan berbagai kemungkinan masa depan yang dapat berkembang dari pengaruh pendorong utama, peristiwa dan masalah.
 
Kate Akademisi Top Nasional tersebut yang ngisi acara di Pontianak pada waktu itu Scenario :Sesuatu yang aku perkirakan terjadi: What is likely to happen, what I would like to see happen, dan sesuatu mungkin terjadi what might happen.
 
“ Bukan sekedar prediksi, tapi prediksi dengan verifikasi sangat ketat dan ilmiah,”
 
“Jadi ini bukan ilmu Nujum.”
 
Nah Cerita Scanerio Building Indonesi pada Waktu Itu yang dibahas dari mulai prediksi Ekonomi, politik, Sosial, Pemerintahan, hubungan sivil dan meliter, stabiltas nasional dan macam-macam yang berkaitan Indonesia  kekinian dan masa Depan.
 
Semua peserta menganalisa Driving Foce ke Indonesia masa kini dan  masa depan termasuk Varian-varianya. Analali focal Conser denan sangat teliti. Dengan mempertimbankan faktor Certain(tertentu) dan Uncertain(faktor tidak tentu).
 
Dengan pisau analisi seperti itu kita bisa memprediksi masa depan  berbagai hal, apa saja. Dalam rangka untuk membuat perencanaan masa depan yang baik. Bukan ingin membubarkan, tapi untuk antisipasi.
 
Lantas apa hasil dari Secanerio  Building itu dibuat tokoh-tokoh nasional dan lokal beberapa Item di Anranya, DITUBIR JURANG, MENGAPAI TEBING, BERGEGAS MENUJU PUNCAK, TABAH DALAM TEPING.
 
Ditubir Jurang menarasikan Indonesia dalam ambang kehancuran, karena pada waktu itu dimana-dimana terjadi komplik Sosial. Komplik Politik. Ada Juga bergegas menuju Puncak menarasikan Indonesia akan Gemilang jika....

Saya yakin kondisi Indonesia Masih bertahan saat ini tidak lepas dari Scanerio Building Indonesia saat itu dibuat oleh para elemen tokoh bangsa yang tidak tabu mengritisi kontek ke Indonesia saat itu dan kemungkinan mas depan akan terjadi seperti apa. Sehingga persoaal masa depang biasa dibuat manajemen antisipasinya.

Dengan Kondisi INDONESIA Seperti saat ini, memungkinkan kita dari berbagai eleman Indonesia bisa berkumpul kembali dengan kepala dingin duduk satu meja sambil ngopi-ngopi, makan ubi dan pisang goreng. dari Desa-Desa sampai ke Nasional membuat SCANERIO BUILDING INONESIA MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK....


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »