Dikala kita Lengah, SDA Terus Dikuras

21.54
Ikan Jelawat
Jaman-Akhir-akhir ini suasana berbangsa dan bernegara disibukan dengan perdebatan isu politik,kekuasaan yang tidak berkesudahan bahkan saling mendeligitimasi.

Sehingga membuat seluruh elemen bangsa lengah.

Sementara, beberapa negara termasuk negara tetangga bukan hanya menguasai daratan negeri ini. Tetapi, mereka terus memburu indukan berbagai jenis ikan di Sungai Kapuas. Seperti ringau, kalui,jelawat,sumpit,kelabau,belida dll.

Mereka mengiming-ngimingi para Nelayan dengan harga lebih mahal dari pasar, dengan ukuran tertentu.

Lima belas bibit Ikan Kalui (Gurame) Kapuas yamg ku pesan dan panjar sudah ludas mereka jual. Padahal sudah di panjar berat satu ekor ikan kalui 1,5 Kg

Ya mereka ikut hukum pasar waktu mereka jual ke saya satu ekor berat 1,5 kg harga Rp 10.0000,-/Ekor, eh orang Malaysia berani beli Rp 600.000,-/ekor.

Keterkejutan saya bukan masalah perbedaan harga, tapi begitu antusiasnya warga Malaysia membeli berbagai jenis bibit ikan Kapuas yang membuat aku terkejut.

Menemui kejadia ini bukan hanya pada Ikan, tapi pada jenis buah-buahan pernah terjadi beberapa tahun lalu mereka beli buah Durian hanya ambil bijinya. Daging buah suruh diambil pemiliknya atau warga yang mangambilnya.

Jangan harap suatu saat kita bisa dengan mudah mengkonsumsi ikan sungai kapuas, buah-buah hutan karena kelengahan kita sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »