Tradisi Maulutan Orang Madura Di Perantauan

23.20
Hidangan makanan acara maulutan, Photo:Man

TJ-Masyarakat Madura meninggalkan kampung halamanyan keberbagai daerah di Indonesia, biasanya masih melaksanakan adat asal tanah leluhurnya, salah satunya memperingati lahirnya nabi Muhamad SWA.

Mereka biasanya mengadakan cara kenduri, dengan mengundang para alim ulama, tetangga. kegiatan biasanya dilaksanakan setiap bulan rabiul awal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad.
Buahan dan makananan untuk maulutan. Photo:Man


Penulis pernah di undang dibeberapa tempat acara Maulutan di Kota Pontianak Kalimamantan Barat. Dari beberapa sumber yang diwawancara salah satunya Budi. Budi adalah tokoh agama yang biasa memimpin do'a dan memimpim pembacaan slawat nabi.

Acara Maulutan biasanya di laksanakan di masjid besar dahulu, setelah itu di masjid kecil"langgar" (Mushollah). Setelah itu baru dilaksanakan dirumah warga sepanjanh bulan Rabiul awal, biasanya juga sapai bulan rabiul akhir.

Acara maulutan ini biasanya ditunggu anak-anak, karena pada acara maulutan beraneka ragam jenis buah-buahan dihidangkan, kue-kue dan makanan berat seperti nasi,sayur ayam, ayam panggang, atau rendang sapi.

Untuk jenis buah-buahan biasanya dihidang sedemikian rupa,dihiasia, buah-buahan minimal tujuh jenis seperti rambutan, jeruk,pisang,langsat,kelapa,ape dan lain-lain minimal tujuh jenis buah-buahan.
Pagangan ayam salah satu menu yang wajib dihidangkan pada acara maulutan. Photo:Man


Begitu juga kue-kue yang disajikan minimal tujuh jenis seperti dodol beras, apam, wajid, cucut,serabi,ketupat,cengkarok dan lain-lain.

Bagi masyarakat yang mapan biasanya menyiapkan uang lertas seribu, duaribu, atau lima ribu rupiah untuk diberikan kepada anak-anak kecil yang ikuy acara maulutan.

Setelah Ustaz selesai berdo'a makan-makanan yang dihidangkan dipersilahkan makan oleh tua rumah. Jangan kuatir setelah selesai makan, setiap tamu datang sudah disiapkan kue,makanan,buah-buahan untuk dibawa pulang kerumah untuk oleh-oleh dirumah. Tapi kurang oleh yang disediakan oleh tuan rumah, sisa makanan yang masih tersisa masih boleh dibawa pulang.Man

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »