Kopi Kaliau, Kopi Khas Hutan Kalimantan

02.05
Kopi Kaliau, Kopi Khas Hutan Kalimantan, Photo:Man

TJ- Mungkin kita hanya tahu jenis kopi Arabica, Robusta dan Leberica. Dalam Peta pertumbuhan Kopi di Dunia Pulau Kalimantan terutama Kalimantan Barat tidak masuk dalam peta peredaran Kopi Dunia.

Pengalaman, saya ketika melakukan perjalanan di wilayah pedesaan di Pedalaman Kalimantan. Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Disana masih ada sisa-sisa perdaban perkebunan kopi. Jenis buah kopinya juga sangat berbdeda dengan jenis-jenis kopi lainya.

Di Desa Kaliau masih banyak tumbuh kopi-kopi di perkebunan warga, ataupun hutan tembawang hutan milik bersama warga,  Buah kopi sangat besar, rata-rata buahnya sebesar jempol kaki. Dan kulitnya  cukup tebal. Sehingga untuk melepas kulit kopi dari bijinya harus dilakukan dengan carah mengunyah atau mengigitnya oleh manusia.

Menurut tokoh Masyarakat Kaliau Japleng,  Kopi disini sangat khas ukuranya besar-sebesar jempol kaki dan kulitnya tembal. Untuk melepas lendirnya harus direndam dahulu dalam air.




"Kopi ini sangat wangi baunya, apabila disangrai atau ditumbuk."kata Japleng.

Sekitar tahun 1970 an zaman jayanya kopi Kaliau, masyarakat melakukan ekspor kopi ke Malaysia melalui jalur perbatasan, kebetulan Desa Kaliau berbatasan langsung dengan negara Malayasia.
Biji Kopi Kaliau,Photo:Man
Setelah harga kopi jatuh, masyarakat mengganti kopi  Hutan Kaliau diganti tanaman coklat, Sehingga kopi Kaliau Khas Hutan Kalimantan hampir tidak dikenal oleh sebagian warga.

Pohon kopi jenis ini terdapat dikawasan hutan Kaliau dan Sekitarya, bahkan ada beberapa pohon berdiameter 70 cm. Ini membuktikan bahwa masyarakat Kaliau sudah lama membudidayakan Kopi yang besar sebesar jempol kaki. Man.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
8 Juni 2018 00.02 delete

apa saat ini kopi kaliau masih diperdagangkan atw hanya konsumsi sendiri saja

Reply
avatar