Dilema Tinggal Dikawasan Lindung

02.19
Perusahaan Air Minum Kaliau belum bisa difungsikan karena berda dikawasan lindung,Photo:Man

TJ-Mserinami kawasan lindung memang menjadi problem sendiri.Masyarakat tidak bebebas melakukan aktivitas baik aktivitas pribadi maupun publik terutama berkaitan dengan pembangunan karena akan selalu berhadapan dengan hukum negara.

yang notabenya melarang melakukan pembangunan dikawasan lindung. Hal ini sering dihadapi masyarakat yang tinggal dikawasan lindung.
Posisi desa kaliau dalam Peta

Salah satunya adalah Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar,Kabupaten Sambas, hampir seluruh Desa berada dikawasan Hutan Lindung.

Padahal masyarakatnya sudah tinggal di wilayah ini. Desa Kaliau merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Sebagian wilayahnya berrgunung-gunung.

Menurut Japling, salah satu tokoh masyarakat setempat, kami sudah lama tinggal disini, jauh sebelum Indonesia merdeka, leluhur kami tinggal disini.
Suasana perkampungan di Desa Kaliau Sajingan Besar. Photo:Man

"Setelah Indonesia merdekalah, kami baru tahu ini kawasan lindung, sehingga tidak boleh sembarangan melakukan pembangunan,"kata Japling.

Akibat kawasan ini menjadi kawasan lindung ada beberpa fasilitas publik belum bisa di fungsikan seperti PDAM, tower.Supaya bisa difungsikan harus lobi-lobi pemerintah pusat dahuli.

Mata pencarian warga Desa Kaliau petani sahang dan petani karet, kadang wargapun ada kekwatiran tiba-tiba pemerintah tegas melarang aktivitas pertanian di tanah warga sendiri.
Hutan lindung Desa Kaliau Sajingan Besar. Photo:Man


Japling berharap, kawasan Desa Kaliau segera dikeliarkan dari kawasan lindung, sehingga ada kepastian akan kepemilikan lahan. Masyarakat Desa Kaliau ada perlindungan secara hukum, termasuk pemerintah daerah tidak perlu kuatir melakukan pembangunan karena ada kepastian hukim.Man

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »