Bekas Kantor VoC Tayan Terbelengkalai

04.57
Sisa bangunan VoC di Tayan Hilir tidak terawat,photo:man


TC- Dari beberapa literatur yang ditulis oleh Jurnalis Belanda Abad 18 diantaranya Demografi Borneo Barat Abad 18 dan Kesultanan Tepian Kapuas yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. VoC sudah mendirikan kantor VoC di Kesultan Tayan.

VoC mendirikan kantor di Kesultan Tayan setelah Kesultan tunduk padaa Belanda, dengan Bantuan beberapa kesultanan dan salah satu kongsi dagang China Kesultanan Tayan tunduk pada Belanda.

Sisa bangunan VoC di Tayan Hilir tidak terawat,photo:man

Setelah itu VoC mendirikan kantor cabang VoC. Kantor cabang VoC di Kesultanan Tayan(Sekarang Kecamatan Tayan Hilir). Kantor VoC didirikan di Desa Pulau Tayan, letakanya di sebelah timur pulau tayan, bersebrangan dengan Istana Kesultanan Tayan.

Ada dua bangunan yang dibangun oleh VoC selain kantor VoC, VoC juga mendirikan gudang bisnis yang disebut gudang garam.

Sisa bangunan VoC di Tayan Hilir tidak terawat,photo:man

Kini kantor  peninggalan VoC belanda masih berdiri kokoh, tetapi keberadaanya tidak terawat. Atap bangun hancur tidak terawat, tetapi pondasi dan beton kantor masih berdiri kokoh dengan baik. Atap-atapnya yang terbuat dari kayu sudah mulai memburuk. Sementara gudang bisnis atau gudang garam VoC sudah berubah menjadi bangunan baru milik warga.

Setelah kemerdekaan bekas kantor VoC ini dialih fungsikan menjadi kantor kewedanaan dan kantor kecamatan Tayan Hilir sampai sekitar tahun 80 an.Man.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »