Pohon Nibung Mampu Meluluhkan Ilmu Hitam

23.08
Sedang memegang pohon nibung, photo:Yud

TJ-Pohon Nibung (Oncosperma tigillarium syn) salah satu pohon  palm yang memilik teras batang yang sangat kuat. Pohon ini sering digunakan untuk tiang rumah masyarakat pesisir, bahkan sebagai tiang ruma pondok-pondokan dilaut untuk menangkap ikan teri.

Pohon Nibung, tidak rapuh oleh air asin, dan dimakan hama air laut. Pohon ini seperti pohon pinan, tetapi kulit-kulitnya dilapisan oleh duri-duri kecil. Jangan coba menyentuh pohon nibung yang masih hidup tanpa menggunakan alas tangga. Jika, kita berana menyentuh, siap-siap merasakan ada sengatan atau seperti sentruman listrik tegangan rendah. Apa lagi sampai tertusuk durinya, pastinya kita akan mengalami sakit deman panas selama seminggu.

Pohon nibung ini bagi sebagian masyarakat pedalaman Kalimantan, khusunya masyarakat pesisir, adalah pohon yang disakralkan, karena pohon ini mampu meluluh lantakan berbagai ilmu hitam yang dimiliki sesesorang. Pohon ini dikawasan hutan berawa, terutama kawasan hutan rawa gambut.

Pada zaman dahulu kalau, setiap ada ngayau(perang tradisional) dengan memengal kepala manusia, senjata-senjata dari pohon nibung merupakan menjadi salah satu andalan. Pohon nibung bisa digunakan untuk pana, tombak, dan pisau kecil.

Orang yang memiliki ilmu hitam sekuat apapun pasti akan luntur, orang memiliki ilmu kebal, tidak mempan oleh senjata tajam mampu ditembus oleh senjata yang menggunakan pohon nibung.

Maka, para dukun, panglima perang sudah dipastikan menyimpan senjata yang terbuat dari pohon nibung. Namun, sangat disayangkan, seiring berkurangnya hutan, keberadaan pohon nibungpun makin langka. Man. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »