Tarkam Potensi Sepak Bola Nasional Yang Terlupakan

08.19
TJ-Sepak bola merupaka olahraga yang paling digemari masyarakat dunia. Dari Kampung hingga perkotaan seluruh masyarakat menyukai sepak bola. Ditengah-tengah ketiadak pastian sebak bola nasional. Desa-desa di Indonesia masih memiliki potensi sepak bola yang luar biasa.
Pertandingan Sepak Bola Antar Kampung di Lapangan Pelita Desa Pulau Tayan Utara. Photo:Man


Contoh, di Desa Pulau Tayan,Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Warganya berinisiatif mengadakan pertandingan sepakbola antar kampung. Jumlah peserta yang daftar sekitar 80 klub dari berbagai desa yang tersebar di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kubu Raya, tetapi yang diperbolehkan mengikuti pertandingan hanya 56 klub.

Kalau Jadwal pendaftaran diperpanjang, klub-klub sepak bola yang akan mengikuti pertandingan sekitar seratus 150 klub. Pertandingan dilaksanakan selama 1,5 bulan. Pertandingan final akan dilaksanakan  pada tanggal 2 Oktober 2016.

Walau pertandingan tidak di akui oleh organisasi sepak bola nasional seperti PSSI, tetapi pelaksanaan tetap menerapkan regulasi FIFA dan PSSI. Termasuk standar wasit dan hakim garis harus memiliki sertifikat PSSI.

Selama pertandingan berjalan lancar, tanpa ada kekerasan, panitia menerapkan dua sanksi bagi pemain maupun penonton. Selain menggunakan regulasi FIFA panitia menerapkan hukum adat. Bagi peserta yang melanggar akan dikenakan sanksi berdasarkan regulasi FIFA dan hukum adat. Maka selama berjalan pertandingan tidak ada pelanggaran yang signifikan.

Dengan jumlah klub yang sangat banyak, panitia menerapkan sistem gugur. Pertandingan dilaksanakan dilapangan Sepak Bola Pelita Desa Pulau Tayan.

Ini sebenarnya potensi Sepak Bola Nasional yang terlupakan, organisasi sepak bola nasional sibuk dengan ketidak pastian. Sementara klub-klub ditingkat kampung melaksakan event-event sepak bola dengan baik tanpa ada keributan.


Semestinya potensi ini haru menjadi perhatian organisasi sepak bola nasional dan pemerintah untuk mencari bibit-bibit sepak bola nasional. Organisasi sepak bola nasional jangan malu-malu mencontoh pelaksanaan pertandingan Tarkam(Antar kampung) yang berjalan dengan baik.(Man)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »