Petani Berladang Diburu Heli Kopter

16.45
Pembakaran lahan untuk berladang. Gabar:Ded
TZ-Kebiasaan masarakat  di Pedalam Kalbar membuka lahanya untuk ditanam berbagai jenis tanaman dibuka dengan cara membakar agar lebih mudah membersihkanya.
Karena asap hasil pembakaran dianggap menyebabkan mengganggu pemandangan dan aktivitas. pembukaan lahan pertanian dengan cara membakar dilarang.

Pemerintah dengan menggerakan lembaga untuk melarang warga agar tidak melakukan pembakaran. Dari BNPB,TNI, Polisi dan aparat lainya sampai ketingkat Desa.

Erik salah satu petani Teraju Kabupaten Sanggau Kalbar mengatakan,petani sulit berladang sekarang, kalau tau melakukan pembakaran ladang(kebun) mereka akan didatangi Helikopter pemadam api-api yang bakar lahan untuk berladang dipadamkan mereka. Setelah itu mereka didatangi aparat TNI atau Polisi. (20/9)

“Ta canlah pokonya,sekarang warga tada bisa betani, na betani kena tangkap,”kata Erik.
Budi warga dari Engkepar bukan nama sebenarnya mengatakan, sekarang harga karet dan sawit turun, na beladang dilarang.
“Ape age yang bisa kami harap.”kata Budi

Warga bakar ladang sikit ja, dah diburu pake heli, ladangnya disiram pake  heli, terus didatangi aparat pakai senjata lengka, Budi bercerita sangat sedih melihat keadaan.


“Sekarang warga bingun, na bertani tak berani, belum ada solusi diberikan pemerintah, kita dilarang beladang, tapi solusinya tidak ada,”kata Budi. DG

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »