Makam Diatas Tiang Kayu Besi di Pedalaman Kalbar

07.48
Sisa-sisa peradaban Makam diatas tiang pancang kayu belian warga Kayan. Photo:Nur Bambang

TJ- Mungkin kita hanya mengetahui makam unik dan aneh di Indonesia hanya terdapat di Toraja  Sulawesi Selatan. Teryata di Kalimantan Barat terdapat makam yang serupa, perbedaanya kalau di Toraja manusia meninggal disimpan diatas bukit-bukit berbatu yang telah dipahat.

Di pedalaman Kalbar terdapat di Desa Nanga Tebidah,Lintang Tabu, Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang memiliki makam diatas tiang kayu belian dengan tinggi tiang kayu setinggi 10 meter. Diatas tiang terdapat dibuat rumah-rumah untuk menyimpan mayat manusia. Nama tempat tersebut adalah sandong.

Sandong-sandong ini berjejer di sekitar Kampung. Sandong ini dikelola oleh masyarakat dayak kayan hulu.

Dari Kota Sintang untuk mencampai wilayah tersebut bisa ditempuh dengan kendara air, dan darat dengan waktu tempuh sekitar delapan jam.

Masih sedikit masyarakat yang mengetahui tentang lokasi makam yang berada diatas tiang kayu belian. Mungkin terlalu ektrim dan jauh letaknya dari pusat kota. Maka, kondisi wilayah ini tidak terkenal dengan makam diatas bukit batu seperti yang terdapat di Toraja.

Pemerintah daerah sudah harus memperhatikan keadaan wilayah tersebut, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan. Ini merupakan sisa-sisa peradaban masyarakat kayan yang harus dilestarikan. Man

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »