Parit-Parit Kota Pontianak Lokasi Favorit Lomba

20.43
Lomba makan kerupuk diatas parit, photo:Yudi

TZ-Parit-parit di Kota Pontianak menjadi lokasi Favorit untuk pelaksanaan peringatan hari raya 17 Agustus. Berbagai lomba dilaksanakan, seperti makan kerupuk, lomba sampan, panjat pinang, menangkap bebek, berenang, memancing dan lain-lain.

Kota Pontianak yang dikenal sebagai kota seribu parit, karena parit-parit di Kota Pontianak berjumlah sekitar 3650 parit dengan panjang 650 KM, parit-parit tersebut membelah kampung-kampung di Kota Pontianak, seperti parit nanas, parit pangeran, parit bansir, parit sungai jawi, dan lain-lain.

Parit-parit tersebut berfungsi untuk sebagai drainase kota Pontianak, Kota Pontianak yang hanya memiliki ketinggian 1 meter dari permukaan laut. Awalnya merupakan urat nadi bagi  warga kota karena fungsinya sangat strategis seperti untuk transportasi, berdagang, air minum dan mandi.

Momen bulan Agustus menurut Yudi,menjadi salah satu momentum mengembalikan parit-parit di Kota Pontianak dikembalikan menjadi urat nadi kota dan identitas Kota Pontianak.

"Maka kami megadakan berbagai perlobaan diparit Sungai Putat dengan berbagai perlombaan, Sehingga memori warga untuk menjaga paritnya kembali terbangun,"kata Yudi pengiat Kreasi Sungai Putat.

Yudi menjelaskan, sengaja  kami melakukan kegiatan lomba diatas parit  agar parit kembali sebagai icon warga.  Kami membuktikan betapa pentingnya parit bagi kehidupan warga kota.

Perlombaan 17 agustus dipusatkan di parit nanas, parit sungai jawi, parit sungai putat, parit mayor dan parit-parit lain di Kota Pontianak.

"Sehingga keberadaan parit harus di jaga dan dirawat, "kata Yudi yang sehari-hari selalu mengkapanyekan parit-parit di Kota pontianak harus bersih dan jangan dirusak ekosistemnya.



Dg


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »