Komunitas Pontianak Urban Forest Mengukur Biomassa Pohon

20.17
Komunitas Pontianak Urban Forest sedang mengukur biomasa pohon-pohon di Kota Pontianak

DZ-Untuk mengetahui fungsi  sebuah pohon. Komunitas Pontianak Urban Forest Pontianak mendata pohon-pohon di Ruang Terbuka Hijau Kota Pontianak. Kegiatan tersebut di dukung oleh DKP Kota Pontianak.

Pendataan ini sangat penting dilakukan, menurut Deman Huri koordinator Pontianak Urban Forest, dengan pendataan ini kita bisa mengetahui fungsi sebuah pohon, sejauh mana pohon-pohon di Kota Pontianak menyerap dan melepas carbon, serta kandungan biomasanya.

"Fungsi pohon sangat penting bagi kehidupan, termasuk buat manusia, bisa dibayangkan kalau tidak ada pohon-pohon menyerap carbon gas beracun disekitar Kota Pontianak, mungkin kita akan menghirup gas beracun terus menerus, dan usia kita tidak akan panjang,"kata Deman.

Deman mejelasakan, bisa kita lihat wilayah-wilayah yang memiliki pohon banyak, suasananya lebih sejuk dan segar.

"Ini tidak terlepas dari kemampuan pohon dalam menyerap gas beracun yang dikeluarkan industri dan kendaraan bermotor,"kata Deman.

Dengan pengkuran biomassa, carbon, dan CO2  ini,  nanti kita akan mambu membuat asumsi untuk Kota Pontianak apabila ingin sejuk dibutuhkan pohon berapa ribu batang pohon yang harus ditanam, jenis pohon apa yang cocok ditanam di Kota Pontianak. Dhg


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »